BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Secara umum semua
perusahaan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, maka kegagalan
dalam melaksanakan kegiatan pemasaran akan membawa akibat-akibat yang cukup
fatal bagi perusahaan, usaha-usaha pemasaran untuk menguasai dan memperluas
pasar mempunyai arti yang sangat penting, untuk itu perlu di tempuh berbagai
cara demi mencapai tujuan tersebut. Seperti yang di ketahui, bahwa konsep dan
strategi pemasaran akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.
Strategi pemasaran
merupakan salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk pada konsumen dan ini
akan menjadi sangat penting karena akan berkaitan dengan keuntungan-keuntungan
yang akan di peroleh oleh perusahaan. Strategi pemasaran akan bisa berguna
dengan optimal bila didukung dengan perencanaan yang terstruktur baik secara
internal maupun eksternal.
Pemasaran dimulai
dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan
manusia, proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang
menjadi konsep pemasaran, mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan
harga (price), pengiriman barang (place) dan mempromosikan barang (promotion).
Seseorang yang bekerja di bidang pemasaran sebaiknya memiliki pengetahuan dalam
konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Dalam strategi
pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan
dapat melihat dari faktor bauran pemasaran, hal tersebut penting karena bauran
pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan
keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang
dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan
kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang
ditawarkan akan sia-sia.
Pemasaran merupakan
salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang dan sampai pada sekarang ini
pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan
di dalam pangsa pasar oleh karena itu di perlukan strategi pemasaran yang dapat
memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan
produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut
mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap
tujuan perusahaan, atas dasar pertimbangan di atas maka penulis tertarik
mengangkat judul “Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap keberhasilan
perusahaan”.
1.2 Identifikasi Masalah
Sesuai dengan judul makalah ini maka masalah yang
dapat di identifikasi sebagai berikut:
1.
Apakah ada hubungannya antara strategi
pemasaran dengan keberhasilan suatu usaha?
2.
Bagaimana peran strategi pemasaran
sehingga dapat menambah keuntungan perusahaan?
3.
Apa saja kendala-kendala atau
hambatan-hambatan yang dihadapi oleh setiap perusahaan dalam memasarkan
produknya?
1.3 Batasan Masalah
Dalam pembuatan makalah penulis akan membatasi
masalah antara lain yaitu :
1. Usaha-usaha
yang dilakukan oleh setiap perusahaan dalam memasarkan produknya.
2.
Hubungan antara strategi pemasaran
dengan keberhasilan perusahaan
1.4 Rumusan Masalah
Dari permasalahan yang telah penulis kemukakan, maka
dalam bahasan ini penulis akan merumuskan beberapa permasalahan antara lain :
1. Bagaimana
pelaksanaan strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan volume penjualan?
2. Apa
saja upaya perusahaan agar kegiatan usahanya berjalan dengan baik?
3. Kegiatan
rencana pemasaran apakah yang merupakan ciri yang membedakan perusahaan yang
kita dirikan dengan perusahaan lain?
1.5 Tujuan
1.5.1
Tujuan Umum
1. Untuk
mengetahui sejauh mana pelaksaan strategi yang telah dilakukan oleh perusahaan.
2. Untuk
mengetahui perkembangan penggunaan strategi yang sudah dilaksanakan oleh
perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan peluang
3. Untuk
mengetahui sejauh mana efektifitas strategi pemasaran yang sudah dilakukan
perusahaan.
1.5.2
Tujuan Khusus
Tujuan
penulisan makalah ini bagi penulis adalah untuk memenuhi tugas makalah pada
mata kuliah bahasa Indonesia.
1.6 Guna atau Manfaat
Penulis makalah ini di harapkan dapat bermanfaat
baik bagi penulis maupun bagi orang lain sebagai sarana penerapan ilmu-ilmu
sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
1.7 Hipotesis
Adapun hipotesis dalam
penulisan makalah ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara strategi
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap volume penjualan.
Terimakasih setelah saya membaca artikel ini saya mempunyain penecerahan untuk bikin judul skripsi..kalo bisa lebih lengkap lagi gan..heheh
ReplyDelete