BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Angkutan udara merupakan kegiatan dengan menggunakan pesawat
udara untuk mengangkut penumpang, kargo dan pos untuk satu perjalanan atau
lebih dari satu Bandara udara ke Bandara udara lain atau beberapa Bandara
udara.Pada umunya masyarakat dunia menggunakan transportasi udara dengan alasan
kecepatan, ketepatan waktu dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan ataupun
dalam bisnisnya.Demikian juga dengan masyarakat Indonesia ,transportasi udara
merupakan alat transportasi yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia .Selain
digunakan sebagai alat transportasi udara dapat juga digunakan untuk mengangkut
barang kargo dan pos ketempat tertentu .
Keamanan dan keselamatan penerbangan merupakan isu yang
paling penting.Selain dari faktor teknis kelaikan pesawat udara, faktor
keamanan barang kargo dan pos yang pada umumnya juga diangkut selain penumpang
oleh kebanyakan pesawat sipil ternyata juga mempunyai pengaruh besar terhadap
keselamatan dan keamanan pesawat udara. Kandungan barang berbahaya dalam barang
kargo dan pos dapat menyebabkan kecelakaan fatal apabila tidak ditangani dan
dikemas sesuai dengan aturan ”Dangerous Goods Regulation” yang
dikeluarkan oleh ICAO, Annex 18 mengenai ”The
Safe Transport of Dangerous Goods by Air” dengan pembahasan ”Technical Instruction for The Safe Transport
of Dangerous Goods by Air” dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional
(IATA) mengenai peraturan penanganan pengangkutan barang-barang berbahaya
melalui pesawat udara.Sebagai langkah komprehensif untuk meningkatkan
pengawasan keamanan dan keselamatan terhadap penerbangan sipil di Indonesia,
maka diperlukan adanya pengawasan yang
lebih ketat dan terstruktur untuk memastikan keamanan barang kargo dan pos yang
diangkut dengan penerbangan sipil dari resiko barang berbahaya (dangerous goods) serta barang-barang
lainnya yang memungkinkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya
barang yang termasuk dalam jenis Heavy
Cargo, Over Size, barang cairan, barang yang dapat menimbulkan corrosive/karat dari produk ikan dan
sejenisnya dan lain-lain.Meskipun sering
terjadi kecelekaan dalam transportasi udara, transportasi udara masih sangat
dibutuhkan oleh manusia karena kecepatan waktuya .Kecelakaan dalam transportasi
udara juga dapat dicegah dengan diberlakukannya persiapan dan fasilitas
keamanan dalam melakukan perjalanan menggunakan trasportasi udara.Pihak
pengelola bandara sejak dini mempersiapkan fasilitas keamanan penerbangan baik
dari faktor pengguna transportasi udara maupun pemilik transportasi udara
tersebut.Direktorat jenderal perhubungan udara Indonesia memberikan wacana
untuk mendirikan sebuah fasilitas keamanan bandara udara berupa regulated
agent.Banyak perusahaan yang ingin menjadi regulated
agent di Indonesia ,namun regulated
agent di Indonesia dapat beroperasi dengan adanya izin dari Direktorat
jenderal perhubungan udara.
PT. Fajar Anugerah Semesta merupakan salah satu regulated agent yang telah mendapatkan
izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk beroperasi sebagai regulated agent (perusahaan pemeriksa
keamanan kargo) di Bandara Soekarno Hatta. PT.Fajar Anugerah Semesta beroperasi
dengan prosedur pemeriksaan pengamanan barang kargo yang telah disetujui oleh
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pengelola bandara dan pihak transportasi
udara tersebut.Sementara ini PT. Fajar Anugerah Semesta hanya sebagai
perusahaan inpeksi keamaanan barang kargo internasional ,untuk inspeksi
keamanan penumpang transportasi udara masih dikelola oleh pengelola bandara
Soekarno Hatta. Berbagai alat pemeriksa keamanan barang kargo telah dimiliki
oleh PT. Fajar Anugerah Semesta yang sesuai dengan aturan yang berlaku dari
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Selain itu,karyawan PT. Fajar Anugerah
Semesta telah terlatih dan telah memiliki sertifikat dari Direktorat Jenderal
Perhubungan Udara untuk melakukan inspeksi keamanan barang kargo internasional.
Jumlah barang yang kargo yang diperiksa oleh PT. Fajar
Anugerah Semesta sangatlah tidak terbatas karena faktor dari pengirim (shipper) barang kargo tidak terbatas
jumlahnya. Semakin banyak jumlah pengiriman barang kargo internasional karena
didukung oleh sistem pasar global. Sehingga semakin banyak pengiriman barang
kargo internasional akan berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh oleh
PT. Fajar Anugerah Semesta. Para pengirim barang kargo banyak yang menggunakan
jasa pengangkutan barang melalui tranportasi udara dengan alasan efisien waktu
dan ketepatan waktu dalam melakukan bisnisnya.
Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengangkutan barang
kargo melalui transportasi udara perlu ditingkatkanya kinerja dan fasilitas
yang berhubungan dengan perusahaan inspeksi keamanan penerbangan udara
.Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dengan
sebuah penulisan tugas akhir yang berjudul “Analisa Jumlah Pendapatan Penanganan Kargo Pada PT.Fajar Anugerah
Semesta”.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah dikemukakan diatas penulis dapat mengidentifikasikan
masalah sebagai berikut:
1.
Prosedur
pelaksanaan pengamanan barang kargo yang dilakukan oleh
PT. Fajar Anugerah Semesta.
2.
Jumlah
pengiriman barang kargo udara akan sangat berpengaruh terhadap bisnis PT. Fajar
Anugerah Semesta.
3.
Usaha
untuk menciptakan ketertiban dan keamanan barang kargo udara dengan adanya regulated agent (PT.Fajar
Anugerah Semesta).
C.
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, penulis
membatasi beberapa hal antara lain:
1.
Standart
operasional prosedur pada PT. Fajar Anugerah Semesta selaku perusahaan inspeksi keamanan penerbangan.
2.
Berbagai
kebijakan dari Otoritas Bandara Soekarno Hatta terhadap regulated agent.
D.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah
yang telah penulis kemukakan ada beberapa pokok permasalahan dalam penulisan
tugas akhir ini antara lain:
1. Bagaimana
pemeriksaan barang kargo yang dilakukan oleh PT Fajar Anugerah Semesta ?
2. Berapa
jumlah barang kargo yang ditangani oleh PT. Fajar Anugerah Semesta?
3. Berapa
jumlah pendapatan PT. Fajar Anugerah Semesta dalam pemeriksaan keamanan barang kargo?
E.
Tujuan
Dan Manfaat
Adapun
tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahui pemeriksaan barang kargo yang diperiksa oleh PT. Fajar Anugerah
Semesta.
2.
Untuk mengetahui jumlah barang kargo yang
diperiksa oleh PT. Fajar Anugerah Semesta dalam melaksanakan bisnisnya sebagai regulated agent.
3. Untuk
mengetahui jumlah pendapatan PT. Fajar Anugerah Semesta dalam pemeriksaan
keamanan barang kargo.
Manfaat
penulisan tugas akhir ini adalah sebagai
berikut:
1. Bagi
penulis
Manfaat penulisan tugas akhir ini
bagi penulis adalah untuk menambah wawasan dan dapat mengetahui kekuatan dan
kelemahan maupun peluang serta ancaman dalam bidang usaha regulated agent.
2. Bagi
lembaga (Universitas Pamulang)
Manfaat penulisan tugas akhir ini
bagi Universitas Pamulang adalah sebagai tambahan ilmu pengetahuan yang dapat
digunakan sebagai bahan bacaan dan sebagai bahan dokumentasi di perpustakaan
Universitas Pamulang.
3. Bagi
perusahaan
Manfaat penulisan tugas akhir ini
bagi perusahaan adalah sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen dalam
menetapkan strategi bisnis regulated
agent di Indonesia.
4. Bagi
pembaca
Manfaat penulisan tugas akhir ini
bagi pembaca adalah untuk menambah wawasan tentang regulated agent di Indonesia dan sebagai wacana pembelajaran bagi
pembaca.
F.
Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan
ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara ringkas tentang susunan isi
laporan tugas akhir ini. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut
:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bagian ini penulis menguraikan latar
belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat
penulisan tugas akhir, dan sistematika penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Pada bagian ini penulis menguraikan berbagai
pengertian yang berisikan tinjauan terhadap hasil pengambilan data pada PT. Fajar
Anugerah Semesta, yaitu penjelasan tentang teori-teori dan
pengertian-pengertian yang berhubungan dengan penulisan tugas akhir ini .
BAB
III PEMBAHASAN
Pada bagian ini penulis menerangkan sejarah,
perkembangan dan lokasi PT. Fajar Anugerah Semesta, ruang lingkup kegiatan
perusahaan, serta struktur organisasi manajemen perusahaan.Pada bab ini penulis
juga menyajikan analisa dari pengambilan data pada PT. Fajar Anugerah Semesta. Bagian ini merupakan
bagian pokok laporan tugas akhir yang membahas tentang,bagaimana prosedur penanganan barang kargo dan berapa jumlah barang kargo yang
ditangani serta jumlah pendapatan pada PT.Fajar Anugerah Semesta.
BAB
IV PENUTUP
Dalam bab ini penulis akan mengemukakan tentang
kesimpulan dari hasil laporan tugas akhir dan pembahasan pada bab III serta
saran-saran yang mungkin bermanfaat bagi PT. Fajar Anugerah Semesta.
No comments:
Post a Comment