Saturday 22 June 2013

Analisa Jumlah Pendapatan Penanganan Kargo Pada PT.Fajar Anugerah Semesta



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Angkutan udara merupakan kegiatan dengan menggunakan pesawat udara untuk mengangkut penumpang, kargo dan pos untuk satu perjalanan atau lebih dari satu Bandara udara ke Bandara udara lain atau beberapa Bandara udara.Pada umunya masyarakat dunia menggunakan transportasi udara dengan alasan kecepatan, ketepatan waktu dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan ataupun dalam bisnisnya.Demikian juga dengan masyarakat Indonesia ,transportasi udara merupakan alat transportasi yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia .Selain digunakan sebagai alat transportasi udara dapat juga digunakan untuk mengangkut barang kargo dan pos ketempat tertentu .
Keamanan dan keselamatan penerbangan merupakan isu yang paling penting.Selain dari faktor teknis kelaikan pesawat udara, faktor keamanan barang kargo dan pos yang pada umumnya juga diangkut selain penumpang oleh kebanyakan pesawat sipil ternyata juga mempunyai pengaruh besar terhadap keselamatan dan keamanan pesawat udara. Kandungan barang berbahaya dalam barang kargo dan pos dapat menyebabkan kecelakaan fatal apabila tidak ditangani dan dikemas sesuai dengan aturan ”Dangerous Goods Regulation” yang dikeluarkan oleh ICAO, Annex 18 mengenai ”The Safe Transport of Dangerous Goods by Air” dengan pembahasan ”Technical Instruction for The Safe Transport of Dangerous Goods by Air” dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) mengenai peraturan penanganan pengangkutan barang-barang berbahaya melalui pesawat udara.Sebagai langkah komprehensif untuk meningkatkan pengawasan keamanan dan keselamatan terhadap penerbangan sipil di Indonesia, maka diperlukan  adanya pengawasan yang lebih ketat dan terstruktur untuk memastikan keamanan barang kargo dan pos yang diangkut dengan penerbangan sipil dari resiko barang berbahaya (dangerous goods) serta barang-barang lainnya yang memungkinkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya barang yang termasuk dalam jenis Heavy Cargo, Over Size, barang cairan, barang yang dapat menimbulkan corrosive/karat dari produk ikan dan sejenisnya  dan lain-lain.Meskipun sering terjadi kecelekaan dalam transportasi udara, transportasi udara masih sangat dibutuhkan oleh manusia karena kecepatan waktuya .Kecelakaan dalam transportasi udara juga dapat dicegah dengan diberlakukannya persiapan dan fasilitas keamanan dalam melakukan perjalanan menggunakan trasportasi udara.Pihak pengelola bandara sejak dini mempersiapkan fasilitas keamanan penerbangan baik dari faktor pengguna transportasi udara maupun pemilik transportasi udara tersebut.Direktorat jenderal perhubungan udara Indonesia memberikan wacana untuk mendirikan sebuah fasilitas keamanan bandara udara berupa regulated agent.Banyak perusahaan yang ingin menjadi regulated agent di Indonesia ,namun regulated agent di Indonesia dapat beroperasi dengan adanya izin dari Direktorat jenderal perhubungan udara.
PT. Fajar Anugerah Semesta merupakan salah satu regulated agent yang telah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk beroperasi sebagai regulated agent (perusahaan pemeriksa keamanan kargo) di Bandara Soekarno Hatta. PT.Fajar Anugerah Semesta beroperasi dengan prosedur pemeriksaan pengamanan barang kargo yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pengelola bandara dan pihak transportasi udara tersebut.Sementara ini PT. Fajar Anugerah Semesta hanya sebagai perusahaan inpeksi keamaanan barang kargo internasional ,untuk inspeksi keamanan penumpang transportasi udara masih dikelola oleh pengelola bandara Soekarno Hatta. Berbagai alat pemeriksa keamanan barang kargo telah dimiliki oleh PT. Fajar Anugerah Semesta yang sesuai dengan aturan yang berlaku dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Selain itu,karyawan PT. Fajar Anugerah Semesta telah terlatih dan telah memiliki sertifikat dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk melakukan inspeksi keamanan barang kargo internasional.
Jumlah barang yang kargo yang diperiksa oleh PT. Fajar Anugerah Semesta sangatlah tidak terbatas karena faktor dari pengirim (shipper) barang kargo tidak terbatas jumlahnya. Semakin banyak jumlah pengiriman barang kargo internasional karena didukung oleh sistem pasar global. Sehingga semakin banyak pengiriman barang kargo internasional akan berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh oleh PT. Fajar Anugerah Semesta. Para pengirim barang kargo banyak yang menggunakan jasa pengangkutan barang melalui tranportasi udara dengan alasan efisien waktu dan ketepatan waktu dalam melakukan bisnisnya.
Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengangkutan barang kargo melalui transportasi udara perlu ditingkatkanya kinerja dan fasilitas yang berhubungan dengan perusahaan inspeksi keamanan penerbangan udara .Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dengan sebuah penulisan tugas akhir yang berjudul “Analisa Jumlah Pendapatan Penanganan Kargo Pada PT.Fajar Anugerah Semesta”.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas penulis dapat mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:
1.      Prosedur pelaksanaan pengamanan barang kargo yang dilakukan oleh
PT. Fajar Anugerah Semesta.
2.      Jumlah pengiriman barang kargo udara akan sangat berpengaruh terhadap bisnis PT. Fajar Anugerah Semesta.
3.      Usaha untuk menciptakan ketertiban dan keamanan barang kargo udara  dengan adanya regulated agent (PT.Fajar Anugerah Semesta).

C.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, penulis membatasi beberapa hal antara lain:
1.      Standart operasional prosedur pada PT. Fajar Anugerah Semesta selaku  perusahaan inspeksi keamanan penerbangan.
2.      Berbagai kebijakan dari Otoritas Bandara Soekarno Hatta terhadap regulated agent.

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah yang telah penulis kemukakan ada beberapa pokok permasalahan dalam penulisan tugas akhir ini antara lain:
1.      Bagaimana pemeriksaan barang kargo yang dilakukan oleh PT Fajar Anugerah Semesta ?
2.      Berapa jumlah barang kargo yang ditangani oleh PT. Fajar Anugerah Semesta?
3.      Berapa jumlah pendapatan PT. Fajar Anugerah Semesta dalam pemeriksaan   keamanan barang kargo?

E.     Tujuan Dan Manfaat
Adapun tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pemeriksaan barang kargo yang diperiksa oleh PT. Fajar Anugerah Semesta.
2.      Untuk mengetahui jumlah barang kargo yang diperiksa oleh PT. Fajar Anugerah Semesta dalam melaksanakan bisnisnya sebagai regulated agent.
3.      Untuk mengetahui jumlah pendapatan PT. Fajar Anugerah Semesta dalam pemeriksaan keamanan barang kargo.

Manfaat penulisan  tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi penulis
Manfaat penulisan tugas akhir ini bagi penulis adalah untuk menambah wawasan dan dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan maupun peluang serta ancaman dalam bidang usaha regulated agent.
2.      Bagi lembaga (Universitas Pamulang)
Manfaat penulisan tugas akhir ini bagi Universitas Pamulang adalah sebagai tambahan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan sebagai bahan dokumentasi di perpustakaan Universitas Pamulang.
3.      Bagi perusahaan
Manfaat penulisan tugas akhir ini bagi perusahaan adalah sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen dalam menetapkan strategi bisnis regulated agent di Indonesia.
4.      Bagi pembaca
Manfaat penulisan tugas akhir ini bagi pembaca adalah untuk menambah wawasan tentang regulated agent di Indonesia dan sebagai wacana pembelajaran bagi pembaca.

F.     Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara ringkas tentang susunan isi laporan tugas akhir ini. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
BAB I       PENDAHULUAN
Pada bagian ini penulis menguraikan latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penulisan tugas akhir, dan sistematika penulisan.
BAB II     LANDASAN TEORI
Pada bagian ini penulis menguraikan berbagai pengertian yang berisikan tinjauan terhadap hasil pengambilan data pada PT. Fajar Anugerah Semesta, yaitu penjelasan tentang teori-teori dan pengertian-pengertian yang berhubungan dengan penulisan tugas akhir ini .
BAB III    PEMBAHASAN
Pada bagian ini penulis menerangkan sejarah, perkembangan dan lokasi PT. Fajar Anugerah Semesta, ruang lingkup kegiatan perusahaan, serta struktur organisasi manajemen perusahaan.Pada bab ini penulis juga menyajikan analisa dari pengambilan data pada PT.  Fajar Anugerah Semesta. Bagian ini merupakan bagian pokok laporan tugas akhir yang membahas tentang,bagaimana prosedur penanganan barang  kargo dan berapa jumlah barang kargo yang ditangani serta jumlah pendapatan pada PT.Fajar Anugerah Semesta.
BAB IV  PENUTUP
Dalam bab ini penulis akan mengemukakan tentang kesimpulan dari hasil laporan tugas akhir dan pembahasan pada bab III serta saran-saran yang mungkin bermanfaat bagi PT. Fajar Anugerah Semesta.

No comments:

Post a Comment