Monday, 17 June 2013

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BISNIS DAN PARIWISATA SAWANGAN)



BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Koperasi merupakan salah satu bentuk organisasi ekonomi yang sedang mendapatkan perhatian pemerintah. Koperasi merupakan organisasi yang berbadan hukum. Pembangunan koperasi di Indonesia merupakan bagian dari usaha pembangunan nasional secara keseluruhan. Koperasi harus dibangun untuk menciptakan usaha dan pelayanan dalam menciptakan azas kekeluargaan. Usaha koperasi adalah suatu usaha yang sesuai dengan demokrasi ekonomi karena didalam demokrasi ekonomi terdapat unsur-unsur usaha koperasi.
Pada Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian menyatakan bahwa koperasi Indonesia adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan azas kekeluargaan.
1
 
Pengendalian intern merupakan salah satu alat bagi manajemen untuk memastikan bahwa kegiatan perusahaan telah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ada sehingga operasi perusahaan dapat berjalan lancar, aktiva perusahaan dapat terjamin keamanannya, dan kecurangan serta pemborosan dapat dicegah. Agar pengendalian dapat berjalan dengan baik, maka harus meliputi prosedur yang dapat menunjukkan bahwa proses pengendalian itu dilaksanakan.
Sistem pengendalian intern adalah rencana, metode, prosedur dan kebijakan yang didesain oleh manajemen untuk memberi jaminan yang memadai atas tercapainya efisiensi dan efektivitas operasional, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan terhadap aset, ketaatan atau kepatuhan terhadap undang-undang, kebijakan dan peraturan lain. 
Kredit dalam istilah perekonomian merupakan suatu penundaan pembayaran, artinya uang atau barang yang diterima akan dikembalikan setelah jangka waktu tertentu. Bila tidak ada jangka waktu maka koperasi akan mengalami kesulitan dalam masalah pembayaran.
Koperasi karyawan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata Sawangan yang selanjutnya disingkat menjadi Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan adalah koperasi yang beranggotakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam menjalankan usahanya berupaya untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Dalam menjalankan fungsi ekonomi Kopkar PPPPTK Bispar menyelenggarakan usaha dan kegiatan sosial ekonomi yang mencakup tata usaha dan manajemen organisasi, administrasi keuangan dan material.
Masalah keamanan atas kredit yang diberikan merupakan masalah yang harus diperhatikan oleh koperasi, karena adanya risiko yang timbul dalam proses pemberian kredit. Permasalahan ini bisa dihindari dengan adanya suatu pengendalian intern yang memadai dalam bidang perkreditan.
Dengan kata lain diperlukan suatu pengendalian intern yang dapat menunjang proses pemberian kredit. Dengan terselenggaranya pengendalian intern yang memadai dalam bidang perkreditan, berarti menunjukkan sikap kehati-hatian dalam tubuh koperasi tersebut. Untuk mampu berperan sebagai badan usaha yang tangguh dan mandiri, koperasi melalui usaha pemberian kreditnya harus mampu meningkatkan proses pemberian kredit dan berusaha sebaik mungkin mengurangi risiko kegagalan kredit. Jika diteliti lebih dalam, kegagalan kredit terutama disebabkan oleh lemahnya pengendalian intern.
Berdasarkan uraian diatas, penulis merasa tertarik untuk membahas mengenai sistem pengendalian intern yang dihubungkan dengan usaha koperasi dalam pemberian kredit pada skripsi dengan judul “PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BISNIS DAN PARIWISATA SAWANGAN)”.
  
B.     Identifikasi Masalah
Untuk mempermudah dalam memperoleh materi data yang akan diteliti, maka penulis mengidentifikasi masalah pada hal-hal berikut:
1.      Sistem pengendalian intern yang diterapkan di koperasi belum memadai.
2.      Pelaksanaan sistem pengendalian intern belum sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
3.      Prosedur pemberian kredit kurang memadai.
4.      Lemahnya pengendalian intern dalam proses pemberian kredit.
5.      Sistem pengendalian intern pemberian kredit belum memadai.
6.      Sistem pengendalian intern belum sepenuhnya efektif dalam proses pemberian kredit.

C.    Pembatasan Masalah
1.      Yang dimaksud dengan sistem pengendalian intern (Murtanto,2005:13) adalah proses yang dipengaruhi oleh dewan direktur, manajemen, dan personel lain dalam perusahaan dirancang untuk memberi jaminan yang masuk akal sehubungan dengan pencapaian tujuan dalam kategori berikut: efektivitas, efisiensi operasi, reliabilitas pelaporan keuangan dan kepatuhan pada hukum dan regulasi yang berlaku. Dalam penelitian ini sistem pengendalian intern yang ada di Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
2.      Yang dimaksud dengan pemberian kredit (Mohammad Tjoekam,2001:1) adalah suatu kegiatan yang memberi nilai ekonomi kepada seseorang atau badan usaha yang berlandaskan kepercayaan saat itu, bahwa nilai ekonomi yang sama akan dikembalikan kepada kreditur dan debitur. Dalam penelitian ini pemberian kredit yang terjadi di Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
3.      Penelitian ini berlangsung di Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan dan penelitian ini terbatas data dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2010.


D.    Perumusan Masalah
Setelah penulis melakukan identifikasi masalah dan pembatasan masalah sebagaimana yang telah penulis kemukakan, banyak faktor dari beberapa masalah yang ada serta pembatasan tersebut, maka dengan ini penulis mengemukakan perumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian intern pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan?
2.      Bagaimana prosedur pemberian kredit pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan?
3.      Seberapa besar pengaruh sistem pengendalian intern terhadap pemberian kredit di Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan?

E.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan penelitian
Adapun maksud dan tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui:
a.       Untuk mengetahui pelaksanaan sistem pengendalian intern pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
b.      Untuk mengetahui prosedur pemberian kredit pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
c.       Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem pengendalian intern terhadap pemberian kredit di Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
2.      Manfaat penelitian
a.       Manfaat Teoritis
1)      Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan akan menambah pengetahuan secara mendalam bagaimana cara pemberian kredit, serta bagaimana cara mengauditnya, sehingga dapat lebih mengembangkan wawasan dan dapat menambah ilmu pengetahuan yang telah diperoleh semasa perkuliahan.
2)      Bagi Universitas
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, pengetahuan maupun referensi untuk meningkatkan pemahaman bagaimana cara melakukan sistem pengendalian intern terhadap pemberian kredit pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
3)      Bagi Pembaca
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pengetahuan atau referensi bagi pembaca.
b.      Manfaat Praktis
1)      Bagi Koperasi
Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberikan informasi mengenai kebijakan yang diambil dalam melakukan sistem pengendalian intern terhadap pembeian kredit pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.

F.     Kerangka Pemikiran
Kerangka pemikiran merupakan rangkuman dari penelitian terdahulu dan landasan teori kedalam suatu bagan sehingga menunjukkan kejelasan variabel, hipotesis dan model penelitiannya (Supardi,2005:165) 
Adapun kerangka pemikiran pada penelitian ini dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Gambar 1.1
Kerangka Pemikiran


Fenomena
-          Sistem Pengendalian Intern
-          Pemberian Kredit

 
 
                                                                                          


 
F
a
k
t
a
 
Middle Theory
Pemberian Kredit
Kasmir(2008:96)
 
Grand Theory
Sistem Pengendalian intern
Mulyadi(2011:180)
 
 
 






















 



G.    Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dikatakan sementara, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum didasarkan pada fakta-fakta empiris yang diperoleh melalui pengumpulan data. Jadi hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik (Sugiyono,2011:64).
Adapun hipotesisnya sebagai berikut:
Ho:  ρ = 0              Tidak ada pengaruh sistem pengendalian intern terhadap pemberian kredit pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.
Ha:  ρ ≠ 0          Ada pengaruh sistem pengendalian intern terhadap pemberian kredit pada Kopkar PPPPTK Bispar Sawangan.

H.    Sistematika Penulisan
BAB I        PENDAHULUAN
Dalam bab ini merupakan pengantar materi sebagai pendahuluan yang akan menguraikan secara garis besar mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, kerangka pemikiran dan yang terakhir hipotesis.


BAB II      TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai landasan teori yang meliputi pengertian pengaruh, pengertian sistem, pengendalian intern, pemberian kredit, pengertian koperasi.
BAB III    METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini akan menjelaskan mengenai bagaimana metode-metode yang akan digunakan untuk melakukan penelitian dalam hal ruang lingkup penelitian, teknik penentuan sampel, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan operasional variabel penelitian.
BAB IV    PEMBAHASAN DAN HASIL
Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang tinjauan umum koperasi yang meliputi sejarah singkat koperasi, bidang usaha, struktur organisasi, pembahasan dan hasil.
BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini merupakan bab terakhir dari skripsi, dimana penulis menyimpulkan hasil analisis dari bab pembahasan yang meliputi kesimpulan dan saran. Penulis mengemukakan tentang kesimpulan dan saran-saran yang sekiranya berguna bagi koperasi.


KALAU MAU DOWNLOAD YANG FULL (DOC)
SILAHKAN KLIK LINK DI BAWAH INI
========================================
 ==========================================
caranya :
1. klik tautan diatas
2. tunggu  5 detik
3. lalu klik skip

kalau dah download hub admin lewat email di
adtyabisnisonline@gmail.com
atau
comment di bawah postingan ini..


No comments:

Post a Comment