Monday, 17 June 2013

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN PERUSAHAAN



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Secara umum semua perusahaan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, maka kegagalan dalam melaksanakan kegiatan pemasaran akan membawa akibat-akibat yang cukup fatal bagi perusahaan, usaha-usaha pemasaran untuk menguasai dan memperluas pasar mempunyai arti yang sangat penting, untuk itu perlu di tempuh berbagai cara demi mencapai tujuan tersebut. Seperti yang di ketahui, bahwa konsep dan strategi pemasaran akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.
Strategi pemasaran merupakan salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk pada konsumen dan ini akan menjadi sangat penting karena akan berkaitan dengan keuntungan-keuntungan yang akan di peroleh oleh perusahaan. Strategi pemasaran akan bisa berguna dengan optimal bila didukung dengan perencanaan yang terstruktur baik secara internal maupun eksternal.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia, proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran, mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place) dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja di bidang pemasaran sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Dalam strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran, hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia.
Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang dan sampai pada sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar oleh karena itu di perlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan, atas dasar pertimbangan di atas maka penulis tertarik mengangkat judul “Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap keberhasilan perusahaan”.

1.2  Identifikasi Masalah
Sesuai dengan judul makalah ini maka masalah yang dapat di identifikasi sebagai berikut:
1.        Apakah ada hubungannya antara strategi pemasaran dengan keberhasilan suatu usaha?
2.        Bagaimana peran strategi pemasaran sehingga dapat menambah keuntungan perusahaan?
3.        Apa saja kendala-kendala atau hambatan-hambatan yang dihadapi oleh setiap perusahaan dalam memasarkan produknya?

1.3  Batasan Masalah
Dalam pembuatan makalah penulis akan membatasi masalah antara lain yaitu :
1.      Usaha-usaha yang dilakukan oleh setiap perusahaan dalam memasarkan produknya.
2.      Hubungan antara strategi pemasaran dengan keberhasilan perusahaan



1.4  Rumusan Masalah
Dari permasalahan yang telah penulis kemukakan, maka dalam bahasan ini penulis akan merumuskan beberapa permasalahan antara lain :
1.    Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan volume penjualan?
2.    Apa saja upaya perusahaan agar kegiatan usahanya berjalan dengan baik?
3.    Kegiatan rencana pemasaran apakah yang merupakan ciri yang membedakan perusahaan yang kita dirikan dengan perusahaan lain?

1.5  Tujuan
1.5.1        Tujuan Umum

1.    Untuk mengetahui sejauh mana pelaksaan strategi yang telah dilakukan oleh perusahaan.
2.    Untuk mengetahui perkembangan penggunaan strategi yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan peluang
3.    Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas strategi pemasaran yang sudah dilakukan perusahaan.

1.5.2        Tujuan Khusus
Tujuan penulisan makalah ini bagi penulis adalah untuk memenuhi tugas makalah pada mata kuliah bahasa Indonesia.
1.6  Guna atau Manfaat
Penulis makalah ini di harapkan dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun bagi orang lain sebagai sarana penerapan ilmu-ilmu sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

1.7  Hipotesis
Adapun hipotesis dalam penulisan makalah ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap volume penjualan.

No comments:

Post a Comment