Sejarah Perusahaan
Bank Mandiri
didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program
restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada
bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang
Negara, Bank Expor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, digabung ke
dalam Bank Mandiriri. Keempat Bank tersebut telah turut membentuk riwayat
perkembangan perbankan di Indonesia dimana sejarahnya berawal pada lebih dari
140 tahun yang lalu.
Setelah
selesainya proses merger, Bank mandiri kemudian memulai proses konsolidasi,
termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran
single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.
Lini Bisnis
1. Institutional
Banking
2. Corporate
Banking
3. Commercial
& Business Banking
4. Micro
& Retail Banking
5. Consumer
Finance
Deskripsi Kinerja Bisnis
1. Institutional
Banking, adalah Sektor Bisnis baru
2. Corporate
Banking, tumbuh sebesar 8.46% dibanding tahun 2008 menjadi Rp.141 trilin.
Pertumbuhan ini didorong oleh tumbuhnya volume kredit sebesar 12.5%, terutama
di sektor -sektor yang masih memiliki ruang tumbuh antara lain pertanian,
konstruksi, pengangkutan, pergudangan dan komunikasi serta jasa jasa dunia
usaha lainnya.
3. Commercial
& Business Banking
4. Micro
& Retail Banking
5. Consumer
Finance
6.
Dasar Hukum
PT Bank Mandiri
(Persero) (selanjutnya disebut "Bank Mandiri") didirikan di Negara
Republik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 1998 berdasarkan Akta Notaris
Sutjipto,SH dan No. 10 tanggal 2 Oktober 1998 dan telah memperoleh persetujuan
Menteri Kehakiman tanggal 2 Oktober 1998 No. C2-16561.HT.01.01 TH 98 dan telah
diumumkan dalam Berita Republik Indonesia tanggal 4 Desember 1998 No. 97,
Tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 6859.
Perubahan
pertama Anggaran Dasar sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Sutjipto, SH No.
98 tanggal 24 Juli 1999, yang telah diterima dan dicatat di Departemen
Kehakiman RI tanggal 29 Juli 1999 No. C-13.781.HT.01.04 TH 99 dan telah
diumumkan dalam Berita Negara RI tanggal 24 September 1999 No. 77, Tambahan
Berita Negara RI No. 252.
Perubahan kedua
Anggaran Dasar sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH
pengganti notaris Sutjipto, SH No. 48 tanggal 10 Juli 2001, perubahan mana
telah diterima dan dicatat dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum
(SISMINBAKUM) Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman
dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 18 Juli 2001 No. C-03458.HT.01.04 TH 2001 dan
telah diumumkandalam Berita Negara RI tanggal 18 Desember 2001 No. 101, Tambahan
Berita Negara RI No.491.
Perubahan ketiga
sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH pengganti notaris
Sutjipto, SH No. 1 tanggal 1 Juni 2003, perubahan mana telah dicatat dalam
database Sistem Administrasi Badan Hukum (SISMINBAKUM) Dirjen Administrasi
Hukum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 3 Juni 2003 No.
C-12266.HT.01.04 TH 2003 dan telah diumumkan dalam Berita Negara RI tanggal 8
Agustus 2003 No. 63, Tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 517.
Perubahan
keempat sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH pengganti
notaris Sutjipto, SH No. 2 tanggal 1 Juni 2003 dan telah memperoleh persetujuan
dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI sesuai seurat tanggal 6 Juni
2003 No. C-12783.HT.01.04 TH 2003 dan telah diumumkan dalam Berita NEgara RI
tanggal 8 Agustus 2003 No. 63, Tambahan Berita Negara RI No. 6590.
Perubahan kelima
sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Sutjipto, SH no. 130 tanggal 29 September
2003, perubahan mana telah diterima dan dicatat dalam database Sistem
administrasi Badan Hukum (SISMINBAKUM) Dirjen Administrasi Hukum Umum
Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 23 Oktober 2003 No.
C-25309.HT.01.04 TH 2003 dan telah diumumkan dalam Berita Negara RI tanggal 21
Oktober 2003 No. 910, Tambahan Berita Negara RI No. 93.
Perubahan keenam
sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Sutjipto,SH No. 43 tanggal 10 nopember
2004, perubahan mana elah diterima dan dicatat dalam database SISMINBAKUM
Dirjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI
tanggal 8 Desember 2004 No. C-29749.HT.01.04 TH 2004.
Perubahan
ketujuh sebagimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH, pengganti
notaris Sutjipto, SH No. 108 tanggal 26 Januari 2005, perubahan mana telah
diterima dan dicatat dalam database SISMINBAKUM Dirjen Administrasi Hukum Umum
Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 14 Februari 2005 No.
C-03680.HT.01.04 TH 2005. Perubahan kedelapan sebagaimana dimuat dalam Akta
Notaris Aulia Taufani, SH pengganti notaris Sutjipto, SH No. 5 tanggal 4 April
005, perubahan mana telah diterima dan dicatat dalam database SISMINBAKUM
Dirjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI
tanggal 18 April 2005 No.C-10564.HT.01.04 TH 2005.
Struktur Permodalan
Komposisi Kepemilikan Saham
Pemerintah : 70 %, Publik : 30 %
Modal Perseroan
Strategi :
·
Menyelesaikan permasalahan kredit
bermasalah (NPL) dan melakukan konsolidasi bisnis Corporate Banking.
·
Memperbaiki image perusahaan, meningkatkan
penerapan Good Corporate Governance dan memperkuat kapabilitas.
·
Melanjutkan pengembangan bisnis pada
seluruh segmen yang telah ditetapkan.
·
Meningkatkan efisiensi operasional.
·
Meningkatkan profesionalisme SDM melalui
penerapan corporate values, performance culture, sales & risk culture.
Tujuan :
Turut
melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang
ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang perbankan
dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Visi :
TERDEPAN. TERPERCAYA,
TUMBUH BERSAMA ANDA
Misi :
·
Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan
pasar
·
Mengembangan sumber daya manusia
profesional
·
Memberikeuntungan yang maksimal bagi
stakeholder
·
Melaksanakan manajemen terbuka
·
Peduli terhadap kepentingan masyarakat
dan lingkungan
Struktur Organisasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
per tanggal 9 Januari 2007
Struktur Organisasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
per tanggal 19 Maret2007
Data Direksi
Nama
: Zulkifli
Zaini
Tanggal Menjabat : 05-07-2010
Jabatan :
Direktur Utama
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2007
Tanggal SK Pengangkatan : 05-07-2010
Nama
: Abdul Rachman
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama
: Pahala Nugraha Mansury
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama : Sunarso
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama
: Fransisca Nelwan Mok
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama
: Ogi Prastomiyono
Tanggal Menjabat : 29-05-2008
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2007, c.q. Persetujuan BI
Tanggal SK Pengangkatan : 29-05-2008
Nama
: Kresno Sediarso
Tanggal Menjabat : 05-07-2010
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPSLB
2010
Tanggal SK Pengangkatan : 05-07-2010
Nama : Sentot
A. Sentausa
Tanggal Menjabat : 25-05-2011
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2010
Tanggal SK Pengangkatan : 25-05-2011
Nama : Budi
Gunadi Sadikin
Tanggal Menjabat : 25-05-2011
Jabatan : Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2010
Tanggal SK Pengangkatan : 25-05-2011
Nama : Royke
Tumilaar
Tanggal Menjabat : 25-05-2011
Jabatan
: Direktur
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2010
Tanggal SK Pengangkatan : 25-05-2011
Data
Komisaris
Nama
: Edwin Gerungan
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Komisaris Utama/Kom.Independ
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama : Muchayat
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Wakil
Komisaris Utama
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama : Gunarni
Soeworo
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Komisaris
Independen
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama : Pradjoto
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Komisaris
Independen
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama : Cahyana Ahmadjayadi
Tanggal Menjabat : 17-05-2010
Jabatan : Komisaris
SK Pengangkatan : RUPS
Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan : 17-05-2010
Nama : Krisna
Wijaya
Tanggal Menjabat : 05-07-2010
Jabatan : Komisaris
Independen
SK Pengangkatan : RUPSLB
2010
Tanggal SK Pengangkatan : 05-07-2010
Nama : Wahyu
Hidayat
Tanggal Menjabat : 23-04-2012
Jabatan :
Komisaris
SK Pengangkatan : RUPS
TB 2011
Tanggal SK Pengangkatan : 23-04-2012
Demografi
Pegawai
Keterangan
|
Jumlah
|
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Tetap
|
20306
|
|
Tetap
|
20055
|
Kontrak
|
2102
|
|
Kontrak
|
2854
|
Direksi
|
9
|
|
Direksi
|
11
|
Satu level di bawah direksi
|
66
|
|
Satu level di bawah direksi
|
74
|
Dua level di bawah direksi
|
294
|
|
Dua level di bawah direksi
|
1249
|
S3
|
7
|
|
S3
|
7
|
S2
|
1519
|
|
S2
|
1534
|
S1
|
12745
|
|
S1
|
14332
|
D3
|
3053
|
|
D3
|
2941
|
D2
|
0
|
|
D2
|
0
|
D1
|
0
|
|
D1
|
0
|
SMA
|
4782
|
|
SMA
|
4325
|
SMP
|
302
|
|
SMP
|
267
|
SD
|
0
|
|
SD
|
0
|
Jumlah Laki-laki
|
13281
|
|
Jumlah Laki-laki
|
13302
|
Jumlah Perempuan
|
9127
|
|
Jumlah Perempuan
|
9607
|
Usia > 56 tahun
|
0
|
|
Usia > 56 tahun
|
0
|
Usia 46 - 55 tahun
|
5343
|
|
Usia 46 - 55 tahun
|
5351
|
Usia 36 - 45 tahun
|
7959
|
|
Usia 36 - 45 tahun
|
7727
|
Usia 26 - 35 tahun
|
7473
|
|
Usia 26 - 35 tahun
|
7759
|
Usia 25 tahun
|
1633
|
|
Usia 25 tahun
|
2072
|
Bagan Organisasi
aDirektur
Utama
|
Zulkifli Zaini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Produk
- Safe Deposit Box (SDB)
- Authorized Money Changer (AMC)
- KIOSK
- DEPOSITO VALAS MANDIRI
- DEPOSITO MANDIRI
- Fasilitas kredit talangan
- Kredit Modal Kerja Komoditas (KMKK)
- Western Union Money Transfer (WUMT)
- Travelers Cheque Valas
- Mandiri Travelers Cheque (MTC)
- Produk
- Fasilitas kredit investasi – Commercial banking
Deskripsi :
Salah satu pengembangan dari Kredit Investasi yang
diberikan kepada debitur/calon debitur yang khusus digunakan untuk pembelian
alat-alat berat dan atau alat-alat pelengkap dari Prinsipal.
Prinsipal adalah perusahaan yang bergerak didalam
penjualan alat-alat berat dan alat-alat pelengkap yang telah membuat perjanjian
kerjasama dengan Bank.
Manfaat:
- Bagi debitur/calon debitur:
- plafon kredit hingga 80% dari harga alat-alat berat dan/atau pelengkap
- nilai agunan utama dan tambahan minimal sebesar 125%
- keringanan commitment fee.
Fitur
Produk:
- Jenis kredit : KI
- Sifat kredit : Non Revolving
- Jangka waktu : > 1 thn
- Limit kredit : 80% dari pembiayaan alat-alat berat
- Bill Payment
- Consumer Banking
Deskripsi :
Bill Payment adalah layanan penerimaan pembayaran
tagihan rutin yang meliputi :
- Penerimaan pembayaran tagihan listrik (PLN)
- Penerimaan pembayaran tagihan telepon (Telkom)
- Penerimaan pembayaran Pajak
- Penerimaan pembayaran tagihan telepon seluler (Telkomsel, Satelindo)
- Penerimaan pembayaran tagihan jasa internet (Indosat Net)
- Penerimaan pembayaran tagihan lainnya yang dilakukan oleh cabang sendiri dengan institusi lokal (misal PDAM, Metrosel, Komselindo).
Fitur :
Pembayaran tagihan dapat dilakukan oleh pelanggan
dengan menggunakan :
- Setoran tunai
- Pemindahbukuan (Overbooking)
- Standing instruction / Direct Debit
- Warkat bank lain
- Warkat Bank Mandiri
- ATM
- TREASURY & INTERNASIONAL PRODUCT
- Produk terkait Nilai Tukar
Transaksi
Valuta Today, Tomorrow, Spot
Transaksi
Valuta Today adalah
transaksi untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya dengan
penyerahan di hari yang sama dengan hari transaksi.
Transaksi
Valuta Tomorrow adalah transaksi untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing)
lainnya pada hari transaksi dengan penyerahan satu hari kerja setelah tanggal
transaksi.
Transaksi
Valuta Spot adalah
transaksi untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada
hari transaksi dengan penyerahan dua hari kerja setelah tanggal transaksi.
Forward
Transaksi
Forward adalah
suatu transaksi / kontrak untuk mempertukarkan suatu valuta asing lawan valuta
(asing) lainnya pada tanggal yang akan datang dengan rate / harga yang
ditentukan pada tanggal kontrak.
Currency
Swap
Currency
Swap atau sering
disebut Swap adalah suatu transaksi / kontrak untuk untuk mempertukarkan valuta
asing lawan valuta (asing) lainnya pada tanggal valuta tertentu sekaligus
dengan perjanjian untuk untuk mempertukarkan kembali valuta asing lawan valuta
(asing) lainnya tersebut pada tanggal valuta berbeda di masa yang akan datang.
Harga / rate yang digunakan pada kedua transaksi ditentukan pada tanggal
kontrak, dan kedua transaksi tersebut dilaksanakan sekaligus dan dengan
counterparty yang sama.
FX Option
Kontrak pembelian atau penjualan hak (bukan kewajiban)
untuk membeli atau menjual sejumlah valuta asing tertentu terhadap valuta
(asing) lainnya dengan harga yang telah ditentukan (strike price) untuk suatu
periode tertentu.
Produk
terkait Suku Bunga
Interest
Rate Swap (IRS)
Kontrak pertukaran/perubahan pembayaran suku bunga
dari floating rate menjadi fixed rate atau sebaliknya tanpa penyerahan
principal. Besarnya suku bunga tidak tetap dan ditentukan oleh besarnya suatu
benchmark suku bunga yang diperjanjikan antara lain LIBOR (London Interbank
Offer Rate), SIBOR (Singapore Interbank Offer Rate) ataupun SBI (Sertifikat
Bank Indonesia).
Forward Rate
Agreement (FRA)
Suatu kontrak antara dua pihak untuk menetapkan suatu
suku bunga masa depan pada tingkat dan jangka waktu yang ditentukan lebih dulu.
Interest
Rate Cap & Floor
Merupakan instrumen yang membatasi maksimum biaya
bunga yang akan dibayarkan (Interest Rate Cap) atau minimum pendapatan bunga
(Interest Rate Floor) yang akan diterima oleh suatu pihak. Interest Rate Cap
& Floor ini berguna untuk melindungi perusahaan dari trend perubahan suku
bunga yang kurang menguntungkan
Cross
Currency Swap (CCS)
Kontrak antara dua pihak untuk melakukan pertukaran
dua aliran pembayaran bunga dengan denominasi dalam dua mata uang yang berbeda,
selama jangka waktu yang disepakati. Pada akhir jangka waktu tersebut, kedua
pihak kemudian mempertukarkan kembali jumlah pokok (principal) yang sesuai pada
tingkat suku bunga yang disepakati pada awal kontrak
Produk
Investasi
Surat Utang
Negara (SUN) & Obligasi Retail Negara Republik Indonesia (ORI)
Untuk investasi jangka menengah & panjang, kami
menyediakan obligasi (surat pengakuan utang) dalam mata uang Rupiah maupun
valuta asing yang diterbitkan dan dijamin pembayaran bunga & pokoknya oleh
Negara Republik Indonesia, dengan imbal hasil yang relatif tinggi.
Sertifikat
Bank Indonesia (SBI)
Surat berharga berjangka waktu pendek dalam mata uang
Rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Sangat tepat bagi Anda yang hendak
mengoptimalkan imbal hasil dari dana Anda dalam jangka pendek.
Customized
Product
Treasury Bank Mandiri juga menyediakan produk Treasury
lain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda
COMMERCIAL
BANKING
- Produk Dana
- Giro
Kemudahan
Dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi
bisnis Anda menjadi lebih mudah.
Pembukaan rekening, pencairan ataupun penyerahan Cek
dan/atau Bilyet Giro Bank Mandiri dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank
Mandiri.
Kenyamanan
Bertransaksi
Dukungan kantor cabang Bank Mandiri yang tersebar di
seluruh nusantara memb erikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan
transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Dimanapun Anda berada, kegiatan
perbankan sehari-hari Anda tetap berjalan seperti biasa.
Fasilitas :
Pilihan Mata
Uang
Tersedia beberapa mata uang : Rupiah, USD, SGD, EUR,
AUD, GBP, DEM, JPY, HKD, CHF dan FFR.
Bebas Biaya
Transfer
Nikmati fasilitas transfer ke rekening lain di Bank
Mandiri tanpa biaya.
Jasa Giro
yang Progresif dan Kompetitif
Dengan sistem bunga harian yang progresif dan
kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro
yang lebih besar. Semakin besar saldo rekening Anda, semakin tinggi jasa giro
yang akan Anda peroleh
Deposito
Berjangka
Suku Bunga yang
Kompetitif
Suku bunga Deposito Mandiri yang kompetitif menjadikan
investasi Anda lebih cepat berkembang
Fleksibilitas
Tinggi
Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda
tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
Pada saat jatuh tempo, Anda dapat leluasa memilih
untuk menikmati bunga secara tunai atau diinvestasikan kembali ke dalam pokok
Deposito atau ditransfer ke rekening yang Anda kehendaki.
Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda
tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada
Deposito Rupiah Mandiri.
Terpercaya
Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan
simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Deposito Mandiri
Fasilitas
Automatic Roll Over (ARO)
Deposito Anda dapat diperpanjang secara otomatis pada
saat jatuh tempo.
Dana Tunai
Mandiri
Anda dapat memperoleh fasilitas Dana Tunai Mandiri
dengan Deposito Anda sebagai jaminannya. Apapun kebutuhan Anda dapat dipenuhi
dengan cepat dan mudah sementara Deposito Anda tetap menghasilkan bunga.
Deposito On
Call
Suku Bunga
yang Kompetitif
Suku bunga Deposito On Call Mandiri yang kompetitif
menjadikan kelebihan likuiditas perusahaan Anda dapat memb erikan keuntungan
optimal.
Fleksibilitas
Tinggi
Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda
tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:
- 7 sampai dengan 13 hari
- 14 sampai dengan 20 hari
- 21 sampai dengan 28 hari
Terpercaya
Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan
simbol bonafiditas pribadi Anda dengan rasa aman dan menguntungkan.
Produk
Ekspor
Bill
Purchasing
Pada transaksi ekspor dengan LC, terdapat tenggang
waktu antara presentasi dokumen dengan penerimaan pembayaran dari Issuing Bank.
Bill Purchasing memungkinkan Anda memperoleh pembayaran segera setelah presentasi
dokumen sehingga akan meningkatkan efisiensi Cash Flow Anda.
Arti dari Bill Purchasing adalah pengambilalihan
dokumen atau draft atas dasar LC yang harus dibayar oleh Issuing Bank. Bill
Purchasing ini dapat dilakukan baik untuk LC yang bersifat Sight (Atas Unjuk)
maupun Usance (Berjangka) dengan hak regres (with recourse). Sebelum melakukan
Bill Purchasing, kami akan memberikan Anda limit yang disebut Trade Line.
Kami dapat mengkredit rekening Anda pada hari yang
sama dengan presentasi dokumen, apabila dokumen lengkap kami terima sebelum pk.
12.00 WIB.
Manfaat
Membantu pengembangan usaha Anda karena proceeds yang
Anda peroleh dapat segera Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda.
Meningkatkan daya saing Anda dimata counter party
dengan menawarkan penundaan pembayaran tanpa mengganggu Cash Flow Anda.
Memitigasi kemungkinan un-paid dari Issuing Bank
karena adanya discrepancy, dengan layanan Document Preparation kami.
Pre-Export
Financing
Pre-Export Financing adalah pembiayaan modal kerja
yang diberikan atas dasar LC. Pembiayaan ini dapat Anda pergunakan baik untuk
pembelian bahan baku, pembuatan barang maupun untuk Pengadaan barang.
Bank Mandiri akan memberikan limit yang bersifat
revolving yang dapat Anda pergunakan untuk merealisir transaksi ekspor Anda,
setelah menyerahkan original DC Anda yang tunduk pada Uniform Customs and
Practices for Documentary Credit (UCP) versi terbaru. Modal Kerja yang dapat
Anda pergunakan maksimum adalah sebesar 80% dari nilai DC.
Manfaat
- Membantu merealisir transaksi ekspor tanpa mengganggu Cash Flow Anda
- Fasilitas dengan suku bunga prime sehingga dapat meminimalisir biaya yang Anda keluarkan
- Produk Impor & Trust Receipt
Letter Of
Credit Issuance
Letter of Credit (LC) adalah instrument yang
diterbitkan oleh Bank Mandiri (Issuing Bank), atas permintaan Applicant yang
berisi janji bank untuk membayar sejumlah uang kepada Beneficiary apabila bank
menerima dokumen yang sesuai dengan syarat LC.
Penerbitan LC melalui Bank Mandiri dapat dilakukan
dengan menggunakan fasilitas yang kami sediakan. Sekarang ada cara yang lebih
cepat dalam menerbitkan LC yaitu dengan menggunakan dana Anda, baik berupa dana
tunai,/blokir rekening/blokir deposito, sebagai Setoran Jaminan. Sebagai bank
terbesar di Indonesia, LC yang kami terbitkan akan diterima oleh counter party
maupun bank counter party Anda.
Setelah pengisian Aplikasi Penerbitan LC, kami akan
menerbitkan LC yang merupakan janji kami sebagai bank yang berstandar
internasional kepada Beneficiary Anda. Sejak saat itu, kami akan menangani semua
hal mengenai LC Anda mulai dari pemeriksaan dokumen sesuai peraturan
internasional dan kelaziman perbankan, hingga proses settlement. Dengan
demikian, kepentingan semua pihak terlindungi.
Manfaat
- Memeriksa bahwa persyaratan dokumen yang tercantum dalam LC terpenuhi
- Melindungi proses settlement transaksi internasional Anda
- Meningkatkan bonafiditas Anda karena LC yang Anda pergunakan diterbitkan oleh Bank bertaraf internasional.
Sight LC
Adalah LC yang mensyaratlan pembayaran wesel pada saat
ditunjukkan (atas unjuk).
Usance LC
Adalah LC yang mensyaratkan pembayaran wesel pada masa
yang akan datang (berjangka).
UPAS LC
Adalah LC yang mensyaratkan pembayaran berjangka
(Usance) untuk Buyer, namun Seller dapat menerima pembayaran wesel secara atas
unjuk (Sight). Kami dapat memfasilitasi pendanaan untuk LC Upas baik melalui
bank koresponden maupun Kantor Luar Negeri kami.
Inward
Documentary Collection
Inward Documentary Collection merupakan cara yang
murah namun aman dalam melakukan perdagangan internasional. Inward Documentary
Collection adalah kegiatan impor tanpa menggunakan LC yang dilakukan melalui
bank (Collecting Bank) karena adanya permintaan dari bank koresponden (Remiting
Bank) untuk menyampaikan dokumen kepada importer dengan cara pembayaran tertentu.
Documentary Collection against Payment (D/P) dan against Acceptance (D/A)
merupakan cara pembayaran yang cost effective yang dapat Anda tawarkan pada
Supplier Anda. Sebelum Anda memutuskan apakah membayar (D/P) atau mengaksep
(D/A), Anda dapat datang ke Trade Servicing Centers kami untuk berkonsultasi.
Dengan lebih dari 1000 Correspondent Bank di seluruh
dunia, Supplier Anda akan dengan mudah mengirimkan dokumen ekspornya melalui
bank koresponden kami sehingga dokumen dapat Anda terima lebih cepat dan menimalisir
kerusakan barang di pelabuhan. Proses Collection dimulai saat Supplier Anda
telah mengirimkan barangnya, mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan
mempresentasikan dokumen tersebut kepada banknya. Bank Supplier Anda (remitting
bank), akan mengirimkan dokumen-dokumen tersebut kepada kami
(collecting/presenting bank) untuk pembayaran atau akseptasi.
Manfaat
- Meminimalisir resiko pembayaran dari sisi Supplier dengan biaya yang murah dari sisi Anda
- Memungkinkan Anda untuk memperoleh barang yang Anda impor sebelum melakukan pembayaran (D/A)
- Merupakan alternative pembayaran dari DC
Trust
Receipt (TR)
TR adalah fasilitas penundaan pembayaran dari Bank
terhadap kewajiban pembayaran Anda berdasarkan DC dengan cara penyerahan TR
Letter. Fasilitas ini memungkinkan Anda melakukan penundaan pembayaran kepada
Suplier tanpa menurunkan kredibilitas Anda. Fasilitas ini, merupakan bagian
dari fasilitas DC Issuance yang kami berikan kepada Anda. Dengan fasilitas ini,
Anda dapat melakukan penundaan pembayaran kewajiban Anda kepada Bank, namun
tetap dapat mengambil barang yang sudah Anda pesan dengan DC yang dibuka. Anda
cukup menyerahkan TR Letter yang pada intinya berisi pernyataan menerima barang
dan janji membayar kepada Bank.
Manfaat
- Merupakan fasilitas talangan dengan bunga yang bersaing di saat Anda mengalami mismatch pada Cash Flow Anda.
- Meningkatkan kredibilitas Anda di mata Supplier.
CORPORATE
BANKING
- Produk Dana
- Giro
Kemudahan
Dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi
bisnis Anda menjadi lebih mudah.
Pembukaan rekening, pencairan ataupun penyerahan Cek
dan/atau Bilyet Giro Bank Mandiri dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank
Mandiri.
Kenyamanan
Bertransaksi
Dukungan kantor cabang Bank Mandiri yang tersebar di
seluruh nusantara memb erikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan
transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Dimanapun Anda berada, kegiatan
perbankan sehari-hari Anda tetap berjalan seperti biasa.
Fasilitas
- Pilihan Mata Uang
- Tersedia beberapa mata uang : Rupiah, USD, SGD, EUR, AUD, GBP, DEM, JPY, HKD, CHF dan FFR.
- Bebas Biaya Transfer
- Nikmati fasilitas transfer ke rekening lain di Bank Mandiri tanpa biaya.
- Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif
- Dengan sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang lebih besar. Semakin besar saldo rekening Anda, semakin tinggi jasa giro yang akan Anda peroleh
- Deposito Berjangka
- Suku Bunga yang Kompetitif
- Suku bunga Deposito Mandiri yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang
- Fleksibilitas Tinggi
- Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
- Pada saat jatuh tempo, Anda dapat leluasa memilih untuk menikmati bunga secara tunai atau diinvestasikan kembali ke dalam pokok Deposito atau ditransfer ke rekening yang Anda kehendaki.
- Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Deposito Rupiah Mandiri.
- Terpercaya
Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan
simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Deposito Mandiri.
SMS BANKING
MANDIRI
Layanan
Layanan
MANDIRI SMS
Keuntungan & Jenis TransaksiMANDIRI SMS
apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi
Ketik SMS atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan semakin mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda.
Transaksi Perbankan, Kapan Saja
Dimana saja Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan
Mudah dan Fleksibel
Ketik SMS atau Pilih Menu
Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel *).
Lebih Efisien
Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
Memakai semua jenis SIM Card
Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.
*) Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat
Jenis Transaksi
1. Transfer uang
* Transfer antar rekening Bank Mandiri
* Transfer antar Bank
2. Cek Saldo
* Saldo rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.
3. Informasi
* Informasi tagihan Mandiri Visa
* 5 transaksi terakhir rekening
* Suku bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing
4. Pembayaran dan pembelian
* Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
* Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE
5. Notifikasi SMS
* Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
* Penolakan cek/bilyet giro
* Jatuh tempo rekening Deposito
* Saldo rekening di bawah nilai tertentu.
6. Perubahan PIN
* Perubahan PIN
CALL MANDIRI 14000
MANDIRI ATM
Fitur dan Menu Layanan
Mandiri ATM.. Semakin Dekat, Semakin Mudah
Mandiri ATM, Semakin dekat
Anda dapat melakukan
aktivitas perbankan melalui lebih dari 4.194 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi
yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.
Mandiri ATM, Semakin mudah
Mandiri ATM, Semakin mudah
Berbagai jenis
transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi
ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi
terakhir, dll.
Mandiri ATM, 24×7
Mandiri ATM, 24×7
Layanan Mandiri ATM
dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu
Mandiri ATM, Multi akses.
Mandiri ATM, Multi akses.
Selain menggunakan
Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri
VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron
Mandiri ATM, bebas biaya transaksi
Mandiri ATM, bebas biaya transaksi
Layanan Mandiri ATM
tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan
mutasi).
Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000
Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000
Untuk informasi
lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM,
nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000
Fitur/Layanan Mandiri ATM.
1. Fitur Standar / Akses ke RekeningFitur/Layanan Mandiri ATM.
Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir
2. Payment Umum/Utilities/Open Payment
Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata
3. Pembayaran Tagihan Telepon
Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi
4. Isi Ulang Pulsa;
Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas
5. Registrasi
SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri
6. Kartu Mandiri Visa
Cash Advance, Inquiry Tagihan
Tips Penting bagi Nasabah
1. Pada Saat Menerima Kartu ATM
* Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel.
* Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Call Mandiri. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman.
* Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
* Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain
* Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Call Mandiri, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
2. Selama Menjadi Nasabah
* Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS
* Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.
* Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman.
* Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.
* Segera telepon Call Mandiri 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.
* Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.
3. Saat Bertransaksi
* Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
* Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
* Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
* Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.
* Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
* Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
* Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka
* Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir.
Tarif Layanan
Nasabah yang terhormat,
Dengan ini kami beritahukan tarif layanan Mandiri Internet, Mandiri SMS, Mandiri Call dan Mandiri ATM terbaru.
Mandiri Internet
No
|
Fitur
|
Tarif
|
1
|
Transfer
Antar Bank via kliring
|
Rp.
7.500
|
2
|
Pembayaran
tagihan PLN
|
Rp.
2.500
|
3
|
Transfer
Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
|
Rp.
1.000
|
4
|
Transfer
Antar Bank via RTGS
|
Rp.
15.000
|
5
|
Pengambilan
Token PIN Mandiri pertama kali
|
Rp.
20.000
|
6
|
Penggatian
Token PIN Mandiri karena kesalahan nasabah
|
Rp.
100.000
|
7
|
Penggatian
Token PIN Mandiri bukan karena kesalahan nasabah
|
Bebas
|
8
|
Pembayaran
Kartu Kredit Bank Lain
|
Rp.
5.000
|
9
|
Pembayaran
STIE Trisakti
|
Rp.
3.500
|
10
|
Pembayaran
PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
|
Rp.
2.500
|
11
|
Pembayaran
Modul Penerimaan Negara (MPN)
|
Rp.
2.500
|
12
|
Pembayaran
Tagihan Gas Negara (PGN)
|
Rp.
2.500
|
13
|
Pembayaran
Tagihan PAM Kota Bandung
|
Rp.
2.000
|
Mandiri SMS
No
|
Fitur
|
Tarif
|
1
|
Pembayaran
tagihan PLN
|
Rp.
2.500
|
2
|
Transfer
Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
|
Rp.
1.000
|
3
|
Transfer
Antar Bank via kliring
|
Rp.
2.500
|
4
|
Transfer
Antar Bank via RTGS
|
Rp.
15.000
|
5
|
Pembayaran
Kartu Kredit Bank Lain
|
Rp.
5.000
|
6
|
Pembayaran
PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
|
Rp.
2.500
|
7
|
Pembayaran
Tagihan PAM Kota Bandung
|
Rp.
2.000
|
Mandiri Call
No
|
Fitur
|
Tarif
|
1
|
Transfer
Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
|
Rp.
1.000
|
2
|
Pembayaran
tagihan PLN
|
Rp.
2.500
|
3
|
Pembayaran
Kartu Kredit Bank Lain
|
Rp.
5.000
|
4
|
Pembayaran
PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
|
Rp.
2.500
|
5
|
Pembayaran
Tagihan PAM Kota Bandung
|
Rp.
2.000
|
ATM
No
|
Fitur
|
Tarif
|
1
|
Transfer
Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
|
Rp.
1.000
|
2
|
Transfer
Antar Bank via kliring (SKN)
|
Rp.
7.500
|
3
|
Transfer
Antar Bank via RTGS
|
Rp.
15.000
|
4
|
Transfer
Antar Bank via Jaringan ATM Bersama
|
Rp.
5.000
|
5
|
Pembayaran
tagihan PLN
|
Rp.
2.500
|
6
|
Pembayaran
Kartu Kredit Bank Lain
|
Rp.
5.000
|
7
|
Pembayaran
STIE Trisakti
|
Rp.
3.500
|
8
|
Pembayaran
PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
|
Rp.
2.500
|
9
|
Pembayaran
Modul Penerimaan Negara (MPN)
|
Rp.
2.500
|
10
|
Pembayaran
Tagihan Gas Negara (PGN)
|
Rp.
2.500
|
11
|
Pembayaran
Tagihan PAM Kota Bandung
|
Rp.
2.000
|
SMS BANKING MANDIRI
Consumer Banking
Deskripsi :
* Keuntungan
* Semudah mengirim SMS
* Tuliskan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS
* Lebih efisien
* Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp 500
* Untuk Notifikasi SMS sebesar Rp 500
* Memakai SIM Card Lama Anda
* Tidak diperlukan SIM Card khusus, cukup yang Anda pakai selama ini
* Bisa di semua ponsel
* Bisa dilakukan di semua ponsel yang memiliki fasilitas SMS
Features :
* Jenis Transaksi
* Transfer Uang
* Transfer antar rekening Bank Mandiri (antar rekening sendiri dan ke rekening lain)
* Cek Saldo
* Saldo rekening tabungan dan giro rupiah
* Informasi
* Daftar rekening sendiri dan daftar rekening tujuan transfer
* Suku bunga deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
* 5 transaksi terakhir
* Notifikasi SMS
* Pendebetan/pengkreditan di atas nilai tertentu
* Penolakan cek/bilyet giro
* Jatuh tempo rekening deposito
* Saldo rekening dibawah nilai tertentu
Syarat Pendaftaran
Memiliki rekening tabungan,
rekening giro rupiah dan atau deposito rupiah Mandiri serta telah memiliki SIM
Card GSM Telkomsel, Exelcom, Satelindo dan IM3 (prabayar atau pasca bayar)
Untuk pendaftaran di ATM harus memiliki kartu ATM Mandiri, sedangkan untuk pendaftaran di Cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Tabungan, Kartu ATM Mandiri)
Cara Memperoleh LayananUntuk pendaftaran di ATM harus memiliki kartu ATM Mandiri, sedangkan untuk pendaftaran di Cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Tabungan, Kartu ATM Mandiri)
* Daftarkan nomor ponsel Anda di
ATM Mandiri terdekat atau dating ke Cabang Bank Mandiri.
* Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke menu Pendaftaran E Banking dan tekan Pendaftaran SMS Banking Mandiri, lalu ikuti langkah selanjutnya.
* Anda akan menerima konfirmasi SMS dari Bank Mandiri
* Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke menu Pendaftaran E Banking dan tekan Pendaftaran SMS Banking Mandiri, lalu ikuti langkah selanjutnya.
* Anda akan menerima konfirmasi SMS dari Bank Mandiri
Mandiri mATM
Dengan Layanan mATM Bank Mandiri,
nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna Mandiri SMS bisa melakukan
pembelian barang, pembayaran di merchant mATM langsung dari ponselnya. Merchant
mATM adalah nasabah Bank Mandiri pengguna Mandiri SMS yang sekaligus menjadi
pelanggan kartuHALO mPOS. Untuk memperoleh kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan
harus datang ke outlet graPARI terdekat.
Layanan mATM bisa dinikmati di
semua pedagang yang sudah ikut program mATM. Pelanggan mATM bisa dikenal dari
Logo Layanan mATM di toko mereka.
Untuk melakukan pembelian,
pembayaran barang di merchant mATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor
ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank
Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di
ponsel nasabah (seperti contoh di bawah).
Pembayaran barang
Nasabah dianjurkan untuk memastikan
kebenaran isi konfirmasi transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN
dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi
pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah
pembelian barang/jasa.
Setelah transaksi selesai diproses
oleh sistim Bank Mandiri, merchant mATM akan menerima notifikasi SMS yang sama
bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah
menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang
yang dibeli dari merchant tersebut.
Disamping dapat menikmati layanan mATM,
merchant mATM dengan kartuHALO mPOS juga dapat memanfaatkan layanan
Mandiri SMS untuk melakukan transaksi perbankan sehari-hari melalui berbagai
fiturnya seperti cek saldo, 5 transaksi terakhir, sampai dengan transfer antar
bank maupun antar rekening di Bank Mandiri, pembayaran tagihan Telkom, PLN,
pembayaran tagihan GSM/CDMA, pembelian pulsa isi ulang GSM/CDMA, pembelian
tiket Garuda dan notifikasi SMS secara real time on line 24 jam sehari
7 hari seminggu.
Dalam kerjasama merchant mATM ini,
Bank Mandiri menunjuk PT e-Mobile Indonesia dalam melakukan pendaftaran
merchant mATM di seluruh Indonesia. Bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang
memiliki bisnis/toko dan tertarik untuk menjadi merchant mATM, silakan hubungi
:
PT eMobile Indonesia Telp : 021-3503936
Fax : 021-3506079
E-mail : matm@emobile.co.id
Nama PIC : Mungna, Meliesa, Taty & Teddy
Dengan senang hati, sales
consultant dari PT e-Mobile Indonesia akan datang untuk membantu Anda.
Syarat-syarat menjadi merchant mATM
:
- Mengisi formulir aplikasi merchant
- Mengisi formulir kartuHALO Telkomsel
- Membuka rekening Tabungan atau giro di Bank Mandiri
- Mendaftar SMS Banking Mandiri di cabang
- Menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Mandiri
- Menyetujui syarat dan ketentuan merchant mATM Mandiri
- Fotocopy KK, KTP dan NPWP
MANDIRI INTERNET
Keuntungan dan Keamanan
Keuntungan Mandiri
Internet:
Cukup dari Meja Kerja Anda !
|
Melakukan aktivitas perbankan cukup dari meja kerja,
dengan menggunakan personal computer/lap-top, Modem + Line Telephone atau
GPRS
|
Tanpa Batasan Waktu !
|
Nasabah dapat meng-akses rekening mereka 24 jam sehari
7 hari seminggu
|
Cakupan Global !
|
Dapat melakukan transaksi dari belahan dunia manapun
(selama ada akses ke Internet)
|
Siapapun bisa menikmati kemudahannya !
|
Menu transaksi jelas dan mudah digunakan
|
Fitur Lengkap
Transfer Dana
Pembayaran
Pembelian
Penempatan Deposito Berjangka
Penempatan Mandiri Tabungan Rencana
|
Informasi Rekening & Kartu Kredit
Fasilitas Layanan
Informasi Aktivitas Internet Banking
Fungsi Administrasi (e.g. rubah alamat
e-mail, ganti password, Authorized Payment)
Personalisasi (e.g. transaksi favorit,
bahasa)
|
Keamanan Berlapis
- Menggunakan sistem keamanan standard international dengan enkripsi SSL 128 bit(Secure Socket Layer 128 bit Encryption) yang akan mengacak data transaksi
- Pengamanan pintu akses dengan Firewall (ISP>Web Server>Data Server>Host)
- Proses pendaftaran melalui ATM Mandiri atau Cabang Bank Mandiri
- Proses aktivasi di www.bankmandiri.co.id dengan Access ID & Access Code
- Verifikasi user dengan User ID & PIN Internet Banking pada saat login
- Auto Logoff (Session Time Out ) jika Nasabah lupa log-out
- Seluruh aktifitas nasabah di Mandiri Internet akan tercatat oleh sistem
- Nasabah dapat melihat seluruh aktifitas yang dilakukan pada Internet Banking Mandiri selama jangka waktu tertentu
- Notifikasi melalui e-mail dan SMS* untuk setiap transaksi yang dilakukan
- Limit transaksi per hari hingga Rp. 500.000.000,-
- Verifikasi transaksi dengan Token
Dilengkapi Dengan Token
·
Token (lihat gambar) adalah adalah alat
pengaman tambahan untuk transaksi finansial di Elektronik Banking Bank Mandiri
(Saat ini baru digunakan di Internet Banking Mandiri)
·
Token berfungsi untuk menghasilkan PIN yang
selalu berganti (PIN Dinamis) untuk setiap kali nasabah melakukan transaksi
finansial.
·
PIN Mandiri digunakan sebagai otentikasi
transaksi pada saat nasabah meng-eksekusi transaksi, sedangkan untuk login
tetap menggunakan USER ID dan PIN Mandiri Internet.
·
Satu nomor ID Nasabah hanya link ke satu
nomor serial Token PIN Mandiri, sehingga sangat unique dan bisa digunakan di
semua Channel e-Banking
·
Token PIN Mandiri diproduksi dalam 11 warna
yang berbeda.
Tidak Memerlukan Perangkat Khusus
Perangkat
yang dibutuhkan untuk mengakses Mandiri Internet:
Perangkat Keras (Hardware):
- PC Pentium 133 Mhz, atau lebih tinggi.
- Modem 28.8 kbps (disarankan 56 kbps).
Perangkat lunak:
- Operating System Windows 98, Windows 2000 atau Windows NT
- Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 atau Netscape Navigator 4.5
Koneksi Internet
- Internet Account pada salah satu Internet Service Provider (Penyedia Jasa Internet) seperti Radnet, CBN, Indosatnet, dsb.
- Instant Access : ( Telkomnet Instant atau ISP lainnya)
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :
- Mandiri Call 14000
- customer.care@bankmandiri.co.id
Rencana Kerja
Domestic
Dominant Bank
Periode
: year,2005 – 2009
Description
:
Periode
Work Plan : 2005 – 2009
Target
:
Meningkatkan
company value dengan market capitalization sebesar Rp. 100 triliun.
Bina Lingkungan
Program Awi-Awi
Mandiri 2008
Bandung, 05
Agustus 2008 - Dalam rangka pengembangan program Wirausaha Muda Mandiri yang
telah menjadi tema Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri tahun
2008 sekaligus upaya peningkatan jumlah generasi muda yang menjadi entrepreneur
baru, Bank Mandiri bersama Saung Angklung Udjo melaksanakan " Program Awi
- Awi Mandiri 2008 . Saung Angklung Udjo adalah sebuah organisasi sosial budaya
yang bertujuan untuk melestarikan kelangsungan hidup budaya, khususnya budaya
Sunda yaitu kesenian angklung. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan
competitive amp comparative advantage produk dalam negeri, khususnya bambu
serta menumbuhkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa seni dan pengrajin
bambu sekaligus meningkatkan pengetahuan dan penghargaan masyarakat terhadap
kerajinan berbahan baku bambu. Rangkaian Program Awi - Awi Mandiri 2008 terdiri
dari seminar, program workshop mengenai kerajinan dan pengembangan sentra usaha
bambu, pameran karya dan temu pasar serta penganugerahan karya terbaik dengan
tema The Magic of Bamboo . Direktur Micro amp Retail Banking Bank Mandiri Budi
Gunadi Sadikin mengatakan, Program Awi - Awi Mandiri 2008 merupakan melting pot
dan sarana belajar yang sangat bagus bagi generasi muda yang berasal dari
kalangan mahasiswa dan pengrajin bambu sekaligus peningkatan awareness
masyarakat terhadap kerajinan bambu . Dalam program tersebut, mahasiswa yang
merupakan perwakilan dari 10 Perguruan Tinggi di Bandung yaitu : ITB, ITeNas,
Univ. Pasundan, STSI, STISI, Univ. Maranatha, ITHB, STDI, Univ. Widyatama dan Univ.
Pendidikan Indonesia akan ditemukan dengan pengrajin bambu dari kelompok
pengrajin bambu Padasuka Bandung, Manonjaya Tasik, Banjar, Cisaat Sukabumi dan
Warung Kondang Cianjur, untuk berkolaborasi menciptakan karya seni berbahan
dasar bambu. Program ini akan mempertemukan ide kreatif mahasiswa dengan
kemampuan para pengrajin yang sama - sama berasal dari generasi muda. Akan ada
proses kerjasama dan komunikasi sehingga dapat menghasilkan karya seni yang
artistik dan diminati konsumen. Ini moment yang sangat menarik karena idealisme
harus dapat sejalan dengan realitas untuk dapat dibuatnya suatu produk , tambah
Budi Gunadi Sadikin. Lebih lanjut Budi G. Sadikin juga menjelaskan bahwa
Program Awi - Awi Mandiri 2008 merupakan bentuk dukungan konkret Bank Mandiri
terhadap himbauan Pemerintah untuk terus menggalakkan industri kreatif, salah
satunya yaitu bidang kerajinan yang tahun lalu menyumbang devisa nomor 2 dari
14 jenis industri kreatif lainnya. Sebagai tahap awal, Bank Mandiri memang baru
bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Bandung yang memiliki fakultas seni,
pada tahun - tahun berikutnya diharapkan program serupa dapat dilaksanakan di
kota - kota besar lainnya. Kang Opick selaku penanggung jawab Saung Angklung
Udjo yang juga merupakan anak ke-7 pendiri Saung Angklung Udjo menambahkan,
Saung Angklung Udjo sangat beruntung bertemu dengan Bank Mandiri yang juga
concern terhadap peningkatan kualitas generasi muda dan punya tekad yang sama
yaitu menambah jumlah entrepreneur muda di Indonesia . Jika ingin tetap eksis,
kerajinan dan kesenian bambu tersebut perlu dilestarikan oleh generasi muda
Indonesia karena saat ini generasi muda kurang memberikan apresiasi kepada
kebudayaan daerah sementara kerajinan dan kesenian bambu sendiri sangat
diminati dan dihargai oleh wisatawan asing, ujar Opick
Neraca
Laporan
tahun : 2007
Laporan status : audited
Laporan status : audited
Nama
|
Jumlah Rp (juta)
|
Aktiva
|
319.085.589
|
Kas
|
5.909.368
|
Rupiah
|
5.597.216
|
Mata Uang
Asing
|
312.151
|
Penempatan
Pada Bank Indonesia
|
62.884.154
|
Giro Bank
Indonesia
|
28.161.059
|
Sertifikat
Bank Indonesia
|
23.524.027
|
Lainnya
|
11.199.067
|
Giro Pada
Bank Lain
|
1.401.982
|
Rupiah
|
36.067
|
Mata Uang
Asing
|
1.365.915
|
Penempatan
Pada Bank Lain
|
5.619.869
|
Rupiah
|
195.100
|
Mata Uang
Asing
|
5.498.356
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-73.587
|
Surat-surat
Berharga
|
3.792.524
|
Rupiah
|
2.880.833
|
Mata Uang
Asing
|
2.026.189
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-1.114.497
|
Obligasi
Pemerintah
|
89.466.316
|
Diperdagangkan
|
972.391
|
Tersedia
Untuk Dijual
|
27.294.443
|
Dimiliki
Hingga Jatuh Tempo
|
61.199.482
|
Surat
Berharga Yang Dibeli Dengan Janji Dijual Kembali (reverse Repo)
|
3.290.852
|
Rupiah
|
3.324.452
|
Mata Uang
Asing
|
0,
|
Penyisihan
Kerugian
|
-33.600
|
Tagihan
Derivatif
|
336.651
|
Tagihan
Derivatif
|
340.450
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-3.799
|
Kredit Yang
Diberikan
|
125.488.384
|
Rupiah
|
96.717.423
|
Mata Uang
Asing
|
41.812.656
|
Penyisihan
Kerugian
|
-13.041.695
|
Tagihan
Akseptasi
|
4.953.481
|
Tagihan
Akseptasi
|
5.023.235
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-69.753
|
Tagihan
Lainnya - Transaksi Perdagangan
|
2.028.541
|
Tagihan
Lainnya - Transaksi Perdagangan
|
2.868.273
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-839.731
|
Penyertaan
|
124.905
|
Penyertaan
|
198.847
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-73.942
|
Pendapatan
Yang Masih Akan Diterima
|
1.672.638
|
Biaya Dibayar
Dimuka
|
294.216
|
Uang Muka
Pajak
|
7.043
|
Aktiva Pajak
Tangguhan
|
4.096.447
|
Aktiva Tetap
|
4.531.576
|
Aktiva
Tetap
|
8.502.644
|
Akumulasi
Penyusutan Aktiva Tetap
|
-3.971.067
|
Properti
Terbengkalai
|
258.734
|
Properti
Terbengkalai
|
304.844
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-46.109
|
Aktiva Sewa
Guna Usaha
|
0,
|
Aktiva Sewa
Guna Usaha
|
0,
|
Akumulasi
Penyusutan Aktiva Sewa Guna Usaha
|
0,
|
Agunan Yang
Diambil Alih
|
163.115
|
Agunan Yang
Diambil Alih
|
186.953
|
Penyisihan
Penghapusan
|
-23.838
|
Aktiva
Lain-lain
|
2.764.784
|
Kewajiban
|
289.841.858
|
Giro
|
67.010.950
|
Rupiah
|
52.048.474
|
Mata Uang
Asing
|
14.962.476
|
Kewajiban
Segera Lainnya
|
1.049.492
|
Rupiah
|
968.145
|
Mata Uang
Asing
|
81.347
|
Tabungan
|
85.358.813
|
Simpanan
Berjangka
|
94.985.257
|
Rupiah
|
78.535.763
|
Mata Uang
Asing
|
16.449.494
|
Sertifikat
Deposito
|
0,
|
Rupiah
|
0,
|
Mata Uang
Asing
|
0,
|
Simpanan Dari
Bank Lain
|
5.410.340
|
Tabungan
|
248.965
|
Giro
|
1.388.099
|
Simpanan
Berjangka
|
2.945.658
|
Interbank
Call Money
|
827.617
|
Surat
Berharga Yang Dijual Dengan Janji Dibeli Kembali (repo)
|
2.914.343
|
Kewajiban
Derivatif
|
34.348
|
Kewajiban
Akseptasi
|
5.023.235
|
Surat
Berharga Yang Diterbitkan
|
4.050.564
|
Rupiah
|
1.332.671
|
Mata Uang
Asing
|
2.717.893
|
Pinjaman Yang
Diterima
|
9.345.061
|
Rupiah
|
1.624.015
|
Mata Uang
Asing
|
7.721.046
|
Estimasi
Kerugian Komitmen
|
469.508
|
Kewajiban
Sewa Guna Usaha
|
0,
|
Beban Yang
Masih Harus Dibayar
|
540.608
|
Taksiran
Pajak Penghasilan
|
1.083.682
|
Kewajiban
Pajak Tangguhan
|
0,
|
Kewajiban
Lain-lain
|
9.624.030
|
Pinjaman
Subordinasi
|
2.935.274
|
Pihak Yang
Mempunyai Hubungan Istimewa
|
0,
|
Pihak
Ketiga
|
2.935.274
|
Modal
Pinjaman
|
0,
|
Hak Minoritas
Atas Aktiva Bersih Anak Perusahaan Yang Dikonsolidasi
|
6.346
|
Ekuitas
|
29.243.731
|
Modal Saham
|
10.374.775
|
dana Setoran
Modal
|
0,
|
Tambahan
Modal Disetor
|
127.593
|
Selisih Kurs
Karena Penjabaran Laporan Keuangan Dalam Mata Uang Asing
|
113.446
|
Keuntungan/(kerugian) Bersih Yang Belum Direalisasi Atas Surat-surat
Berharga dan Obligasi Pemerintah Yang Tersedia Untuk Dijual
|
-3.568
|
Selisih
Revaluasi Aktiva Tetap
|
3.046.936
|
Selisih
Transaksi Perubahan Ekuitas Anak Perusahaan
|
1.432
|
Opsi Saham
|
107.319
|
Saldo Laba
|
0,
|
Agio
(disagio)
|
6.570.958
|
Pendapatan
Komprehensif Lainnya
|
0,
|
Laba Ditahan
|
8.904.836
|
Laba Rugi
Laporan
tahun : 2007
Laporan status : audited
Laporan status : audited
Nama
|
Jumlah Rp (juta)
|
Pendapatan
Operasional
|
23.928.549
|
Pendapatan
Bunga
|
23.928.549
|
Pendapatan
Bunga
|
23.232.749
|
Kredit
Yang Diberikan
|
11.528.465
|
Obligasi
Pemerintah
|
8.513.803
|
Surat-surat Berharga
|
326.306
|
Penempatan Pada Bank Indonesia dan Bank Lain
|
977.936
|
Lainnya
|
1.886.237
|
Provisi dan
Komisi Atas Kredit Yang Diberikan
|
695.799
|
Laba Selisih
Kurs – Bersih
|
0,
|
Imbalan
|
0,
|
Keuntungan
Dari Penjualan Efek-efek Pemerintah - Bersih
|
0,
|
Keuntungan
Dari Kenaikan Nilai Efek-efek Pemerintah - Bersih
|
0,
|
Keuntungan
Dari Penjualan Obligasi Rekapitalisasi Pemerintah - Bersih
|
0,
|
Keuntungan
Dari Kenaikan Nilai Obligasi Rekapitalisasi Pemerintah - Bersih
|
0,
|
Pungutan
Administrasi dan Denda Simpanan dan Kredit Yang Diberikan
|
0,
|
Keuntungan
Transaksi Mata Uang Asing
|
0,
|
Keuntungan
Pembelian Obligasi dan Perbendaharaan
|
0,
|
Keuntungan
Kenaikan Obligasi Yang Diperdagangkan
|
0,
|
Lain-lain
|
0,
|
Pembalikan
Penyisihan Lainnya
|
374.424
|
Beban
Estimasi Kerugian Atas Komitmen dan Kontinjensi
|
61.409
|
Pemulihan
Penyisihan Lainnya
|
313.014
|
Pendapatan
Operasional Lainnya
|
3.374.643
|
Provisi dan
Komisi Lainnya
|
2.447.475
|
Pendapatan
Transaksi Valas - Net
|
311.461
|
Lain-lain
|
401.268
|
Pendapatan
Kenaikan/penjualan Surat Berharga - Net
|
214.437
|
Pendapatan
Bukan Operasional - Bersih
|
120.466
|
Pendapatan
Sewa Gedung
|
84.073
|
Laba
Penjualan Aktiva Tetap
|
3.444
|
Denda
|
-2.448
|
Lain-lain
|
35.397
|
Beban
Operasional
|
11.142.628
|
Beban Bunga
|
11.142.628
|
Beban Bunga
|
11.000.194
|
Deposito
Berjangka
|
5.930.090
|
Tabungan
|
2.428.798
|
Giro
|
1.098.513
|
Pinjaman
Yang Diterima
|
290.412
|
Surat
Berharga Yang Diterbitkan
|
334.278
|
Pinjaman
Subordinasi
|
6.934
|
Lain-lain
|
911.166
|
Beban
Pendanaan Lainnya
|
142.434
|
Pembentukan
Penyisihan Penghapusan Atas Aktiva Produktif
|
2.113.994
|
Giro Pada
Bank Lain
|
313.014
|
Penempatan
Pada Bank Indonesia dan Bank Lain
|
-35.490
|
Surat-surat
Berharga
|
-24.914
|
Tagihan
Lainnya
|
-5.526
|
Surat
Berharga Yang Dibeli Dgn Janji Dijual Kembali
|
25.000
|
Tagihan
Derivatif
|
-467
|
Kredit Yang
Diberikan
|
2.005.120
|
Tagihan
Akseptasi
|
-96.804
|
Penyertaan
Saham
|
318
|
Lain-lain
|
-66.255
|
Beban
Operasional Lainnya
|
8.208.077
|
Beban Umum
dan Administrasi
|
3.409.260
|
Penyusutan
dan Amortisasi
|
583.877
|
Sewa
|
466.808
|
Promosi
|
419.835
|
Komunikasi
|
364.257
|
Perbaikan
dan Pemeliharaan
|
297.788
|
Beban Jasa
Profesional
|
338.147
|
Listrik,
Air dan Gas
|
208.762
|
Alat Tulis
Kantor
|
179.641
|
Transportasi
|
96.192
|
Litbang
|
6.056
|
Lainnya
|
447.897
|
Beban Gaji
dan Tunjangan
|
4.082.223
|
Gaji dan
Upah
|
2.155.020
|
Tunjangan
|
378.625
|
Penyisihan
Cadangan Uang Penghargaan Pegawai dan Manfaat Bebas Tugas
|
300.177
|
Kesejahteraan Pegawai
|
216.950
|
Pendidikan
dan Pelatihan
|
250.494
|
Beban
Kompensasi Atas Opsi Saham
|
87.034
|
Penyisihan
Cadangan Tantiem
|
50.000
|
Bonus dan
Lainnya
|
643.923
|
Lain-lain
|
716.594
|
(beban)/manfaat
Pajak
|
1.985.892
|
Tahun
Berjalan
|
2.686.153
|
Tangguhan
|
-700.261
|
Hak Minoritas
Atas Laba Bersih Anak Perusahaan Yg Dikonsolidasikan
|
1.267
|
Currency Exposure
Laporan tahun : 2006
Laporan status : audited
Laporan status : audited
Nama
|
Jumlah Rp (juta)
|
Rupiah (rp)
|
0,
|
Usd (usd)
|
15
|
Yen (yen)
|
81
|
Euro (eur)
|
4
|
Yuan
|
0,
|
Aud
|
0,3
|
Chf
|
0,
|
Gbp
|
0,
|
Myr
|
0,
|
Nzd
|
0,
|
Sgd
|
1
|
Rupiah (rp)
|
0,
|
Usd (usd)
|
3.935
|
Yen (yen)
|
3
|
Euro (eur)
|
3
|
Yuan
|
0,
|
Gbp
|
1
|
Hkd
|
141
|
Sgd
|
2
|
Rupiah (rp)
|
0,
|
Usd (usd)
|
2.814
|
Yen Jepang
(yen)
|
5.171
|
Aud
|
2
|
Cad
|
3
|
Chf
|
0,1
|
Hkd
|
97
|
Nzd
|
0,
|
Sgd
|
30
|
Usd (usd)
|
611
|
Yen Jepang
(yen)
|
0,
|
Euro (eur)
|
2
|
Kantor
Pusat
Alamat
: Plaza Mandiri, Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38 Jakarta – 12190
Phone : 62 21 526 5045, 526
Fax : 62 21 526 5008, 526
Email
: christiana.damanik@bankmandiri.co.id
Website
: www.bankmandiri.co.id
Kantor
Cabang
Alamat :
Jakarta Plaza Mandiri Jl.Jend.Gatot Subroto Kav.36-38, Jakarta
Phone :
62 21 524 5091-5
Fax :
62 21 526 3553
Email :
christiana.damanik@bankmandiri.co.id
Website :
www.bankmandiri.co.id
Alamat :Kantor
Wilayah I (Medan) Jl. T. Imam Bonjol No. 7, Medan
Phone :
62 61 415 0600
Fax :
62 61 415 3273
Email :
Kanwil.I.Medan@bankmandiri.co.id
Website :
Alamat :
Kantor Wilayah II (Palembang) Jl. Kapten A. Rivai No. 1008
Phone :
62 711 3640 08-12
Fax :
62 711 3109 92
Email :
Kanwil.II.Palembang@bankmandiri.co.id
Website :
Alamat :
Kantor Wilayah III (Jakarta – Kota) Jl. Lapangan Stasiun No. 2, Jakarta
Phone :
62 21 2600 500
Fax :
62 21 6922 006
Email :
Website :
No comments:
Post a Comment