BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan dunia dewasa ini ditandai dengan arus
globalisasi disegala bidang yang membawa dampak cukup pesat bagi perkembangan
perekonomian Indonesia yang diiringi pula oleh tingginya tingkat mobilitas
penduduk. Disisi lain beban tugas pemerintah semakin berat karena semakin
tingginya tuntutan peningkatan kesejahteraan rakyat. Salah satu kebutuhan hidup
yang tidak kalah penting di era globalisasi ini adalah kebutuhan akan jasa
pengiriman surat dan barang. Banyaknya penduduk yang saling mengirim surat dan
barang dari tempat yang jauh membuat jasa ini menjadi sangat penting.
erdasarkan kenyataan tersebut banyak bermunculan jasa
pengiriman swasta, sedangkan jasa pengiriman pemerintah dari dahulu sampai
sekarang hanya satu, yaitu PT. Pos Indonesia (Persero). PT. Pos
Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
pengiriman surat dan barang. PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu
perusahaan milik negara yang memiliki tugas untuk melaksanakan dan menunjang
kebijakan dan program pemerintah dalam bidang ekonomi dan pembangunan pada
umumnya serta memberikan pelayanan jasa perposan bagi masyarakat di Indonesia
maupun di luar wilayah Indonesia pada khususnya Ciputat.
PT. Pos Indonesia mempunyai peranan yang penting dalam
pengiriman surat-surat ataupun barang ke
tujuan. Sebagai delivery atau penyedia jasa pengantar surat ataupun barang yang
diamanatkan pelanggan untuk dikirim ke tujuan,
PT. Pos Indonesia menerapkan beberapa sistem atau prosedur pengiriman
agar dalam pengirimannya dapat dicapai sesuai target. Terkirim ketujuan
masing-masing baik yang masuk ke kantor Pos untuk dikirim ke daerahnya, maupun
yang akan dikirim ke luar daerah. Daerah cakupan kiriman yang tak hanya
menjangkau satu Negara, tetapi PT. Pos juga melayani kiriman ke berbagai Negara
di belahan dunia.
PT. Pos Indonesia memiliki
banyak program pengiriman surat maupun barang. Jenis-jenis paket pengiriman
dimana sistem dan prosedur yang digunakan haruslah tersusun sedemikian rupa
melewati tahap-tahap prosedur dan dilaksanakan oleh berbagai sistem yang
terkait, agar memudahkan pihak manajemen untuk mengatur dan mengawasinya. Serta
diharapkan dengan prosedur dan sistem yang telah dibuat sedemikian rupa dapat
terlaksana dan mencap ai efisiensi kinerja serta memenuhi kepuasan pelanggan.
Untuk itu perlu diterapkan suatu sistem pengendalian intern.
Tujuan pengendalian intern ini
antara lain :
1.
Menjaga kekayaan
harta milik perusahaan dan catatan organisasi. Kekayaan fisik suatu perusahaan
dapat dicuri, disalahgunakan atau hancur karena kecelakaan kecuali jika
kekayaan tersebut dilindungi dengan pengendalian yang memadai. Begitu juga
dengan kekayaan perusahaan yang tidak memiliki wujud fisik seperti piutang
dagang akan rawan oleh kekurangan jika dokumen penting dan catatan tidak
dijaga.
2.
Mendorong
dipatuhinya kebijakan manajemen. (Menurut Mulyadi, 2002: 189 )
Untuk
mencapai tujuan perusahaan, manajemen menetapkan kebijakan dan prosedur.
Pengendalian intern ini ditujukan untuk memberikan jaminan
yang memadai
agar kebijakan manajemen dipatuhi oleh karyawan. Untuk mencapai kegunaan dan
tujuan pengendalian intern tersebut diatas maka diperlukan adanya Sistem
informasi akuntansi yang benar, hal ini dapat memberikan bantuan yang utama
terhadap kekayaan perusahaan dengan cara penyelenggaraan pencatatan aktiva yang
baik. Apabila struktur pengendalian intern suatu perusahaan lemah, maka akan
timbul kesalahan, ketidakakuratan serta kerugian yang cukup besar bagi
perusahaan.
Pengendalian atau kontrol terhadap suatu kinerja
sangat penting agar tercapai suatu efisiensi dan efektivitas dalam mencapai
tujuan. Karena pentingnya sistem dan prosedur pengendalian intern pada suatu
organisasi atau perusahaan, dan perlu adanya suatu pengawasan yang lebih dalam
suatu sistem pengendalian intern yang diterapkan. Maka penulis tertarik untuk
membuat laporan tugas akhir dengan judul “Pengendalian
Intern Terhadap Sistem dan Prosedur Pengiriman Surat dan Barang Pada PT. Pos
Indonesia (Persero) Ciputat”.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
uraian diatas, maka penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
Pengendalian intern yang ada di kantor pos masih lemah
sehingga kadang timbul kesalahan, ketidakakuratan dalam pembuatan laporan
pengiriman dan laporan rekapitulasi dari kantor cabang pembantu yang
mengakibatkan proses pembuatan laporan tidak berjalan secara efektif dan
efisien.
C.
Pembatasan Masalah
Pembatasan
masalah di sini dimaksudkan untuk mempertegas ruang lingkup masalah yang akan
dibahas, agar tidak menimbulkan terlalu luasnya penafsiran mengenai
permasalahan dan pembahasan terhadap permasalahan pun menjadi terarah dan tidak
menyimpang dari pokok permasalahan yang penulis bahas. Maka penulis membatasi
permasalahan pada pengendalian intern akuntansi terhadap prosedur pengiriman
surat dan barang pada PT Pos Indonesia (PERSERO) Kantor Cabang Ciputat.
D.
Perumusan Masalah
Berdasarkan pemilihan judul
tersebut, permasalahan yang akan ditinjau dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1.
Bagaimanakah sistem dan prosedur pengiriman surat &
barang pada Kantor Pos Cabang Ciputat ?
2.
Bagaimanakah penerapan sistem pengendalian intern pada
pelaksanaan sistem pengendalian surat dan barang tersebut ?
3.
Biaya-biaya apa saja yang dikenakan dalam melakukan
pengiriman surat dan barang?
4.
Bagaimana cara menghitung biaya-biaya yang akan di bayarkan
oleh konsumen untuk mengirim surat dan barang (berdasarkan Berat, Jenis
pengiriman, dan tujuan)?
E.
Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari laporan magang ini adalah :
1.
Umum
a.
Mengetahui prosedur pengiriman barang di PT. Pos Indonesia.
b.
Mengetahui biaya-biaya apa saja yang dikenakan dan cara
penghitungan biayanya dalam melakukan pengiriman.
c.
Mengetahui bagian – bagian apa saja yang terkait pada sistem
pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia.
d.
Mengetahui apakah terdapat pengendalian intern terhadap
prosedur pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia.
2.
Khusus
a.
Memenuhi kurikulum Program Diploma III Fakultas Ekonomi
Universitas Pamulang.
b.
Untuk menerapkan teori–teori yang telah penyusun peroleh
dalam bangku kuliah maupun dari buku–buku ilmiah dengan keadaan senyatanya
dalam praktek. Sehingga penyusun memperoleh pengetahuan yang luas dengan
harapan dapat bermanfaat dikemudian hari.
F.
Manfaat Penelitian
Adapun beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari
penelitian ini adalah:
1.
Manfaat Praktis
a.
Dengan penelitian ini diharapkan bahwa hasil penelitian dapat
di pergunakan sebagai masukan serta memberikan manfaat bagi pihak PT. Pos
Indonesia dan bagi masyarakat sendiri.
b.
Memberikan penjelasan sehingga baik PT. Pos Indonesia
(Persero) dan masyarakat tersebut mengetahui secara pasti hak dan kewajiban
serta tanggung jawab masing-masing.
2.
Manfaat teoritis
a.
Penulis
Memenuhi salah satu syarat kelulusan pada program Diploma III
Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.
b.
Akademik
Sebagai bahan masukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan
bagi pembangunan Bangsa dan Negara dalam upaya peningkatan mutu kualitas sumber
daya manusia.
G.
Metode Penelitian
Metode penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk
menemukan, mengembangkan serta menerapkan suatu kebenaran yang ada dalam
pengetahuan dan yang ada dalam teori praktek pelaksanaan dengan menggunakan
metode tertentu. Suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada metode, sistematika
dan pemikiran tertentu yang bertujuan
untuk mempelajari satu atau beberapa gejala hukum tertentu, dengan jalan
menganalisanya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian
deskriptif. Dengan menggunakan jenis penelitian ini penulis ingin memberikan
gambaran seteliti mungkin secara sistem pengiriman surat dan barang pada PT Pos
Indonesia (Persero) Kantor Cabang Ciputat.
Penelitian
deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian ini juga
sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini penelitian tidak
melakukan kontrol dan manipulasi variabel penelitian. Dengan metode deskriptif,
penelitian memungkinkan untuk melakukan hubungan antar variabel, menguji
hipotesis, mengembangkan generalisasi, dan mengembangkan teori yang memiliki
validitas universal. Di samping itu, penelitian deskriptif juga merupakan
penelitian, dimana pengumpulan data untuk mengetes pertanyaan penelitian atau hipotesis
yang berkaitan dengan keadan dan kejadian sekarang. Mereka melaporkan keadaan
objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya.
H.
Metode Pengumpulan Data
1.
Observasi
Pengumpulan data dengan cara
melakukan pengamatan secara langsung pada obyek dengan
cermat dan
diteliti serta melakukan pencatatan secara cermat.
2.
Interview / Wawancara
Metode
pengumpulan data untuk memperoleh data dan informasi dari staff dan karyawan secara
lisan. Proses wawancara dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan
staff yang terlibat dalam sistem
pengiriman barang. Selama proses wawancara
petugas bimbingan mengajukan pertanyaan, meminta penjelasan dan jawaban dari
pertanyaan yang diberikan dan membuat catatan mengenai hal-hal yang diungkapkan
kepadanya.
3.
Studi Pustaka
Adalah cara pengumpulan data
dengan cara literatur, baik dari buku – buku teks, karya ilmiah maupun tulisan
lain yang berhubungan.
4.
Studi Lapangan
Adalah cara pengumpulan data
dengan melakukan penelitian langsung pada perusahaan.
5.
Studi Kasus
Strategi yang lebih cocok
bila pokok pertanyaan suatu penelitian berkenaan dengan how atau why, bila
penulis hanya memiliki sedikit peluang untuk mengontrol peristiwa – peristiwa
yang akan diselidiki, dan bilamana fokus penulisannya terletak pada fenomena
kontemporer (masa kini) di dalam konteks kehidupan nyata.
I.
Lokasi dan Waktu Magang
1.
Lokasi Magang
Tempat praktek kerja atau
magang dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) kantor cabang Ciputat, yang beralamat di Jl. RE. Marthadinata No. 17 Ciputat.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian dan praktek kerja dilakukan pada 6 Februari 2012 sampai dengan 6 Maret 2012.
Waktu kerja dari hari senin
s/d jumat, mulai pukul 08.00 wib - 15.00 wib.
J.
Sistematika Penulisan
Sistematika penyusunan pada tugas
akhir berikut merupakan urutan
penyajian bab per bab pada setiap pembahasan, diharapkan akan mempermudah pemahaman akan hasil penelitian yang telah dicapai. Dalam penyajian tugas
akhir ini digunakan sistematika sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab ini penulis membahas tentang latar belakang
masalah, Identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, metode pengumpulan data, lokasi dan waktu penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
Pada Bab ini dikemukakan dasar – dasar teori yang berkaitan
dengan pengertian prosedur, biaya dan pengertian sistem pengendalian
intern.
BAB III DATA
DAN ANALISIS DATA
Pada Bab ini akan dijelaskan tentang dasar – dasar
teori yang berkaitan dengan judul yang dibahas, antara lain gambaran umum
perusahaan, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, sistem penerimaan
kas perusahaan, dan analisa data.
BAB IV KESIMPULAN
DAN SARAN
Bab ini membahas tentang kesimpulan yang diambil pada
permasalahan yang telah dianalisa dan saran untuk permasalahan yang timbul dan
telah dianalisa.
No comments:
Post a Comment