Wednesday 3 July 2013

Poposal Usaha



Sejarah Perusahaan
Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Expor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, digabung ke dalam Bank Mandiriri. Keempat Bank tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan perbankan di Indonesia dimana sejarahnya berawal pada lebih dari 140 tahun yang lalu.
Setelah selesainya proses merger, Bank mandiri kemudian memulai proses konsolidasi, termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.
Lini Bisnis
1.      Institutional Banking
2.      Corporate Banking
3.      Commercial & Business Banking
4.      Micro & Retail Banking
5.      Consumer Finance

Deskripsi Kinerja Bisnis
1.     Institutional Banking, adalah Sektor Bisnis baru
2.     Corporate Banking, tumbuh sebesar 8.46% dibanding tahun 2008 menjadi Rp.141 trilin. Pertumbuhan ini didorong oleh tumbuhnya volume kredit sebesar 12.5%, terutama di sektor -sektor yang masih memiliki ruang tumbuh antara lain pertanian, konstruksi, pengangkutan, pergudangan dan komunikasi serta jasa jasa dunia usaha lainnya.
3.      Commercial & Business Banking
4.      Micro & Retail Banking
5.      Consumer Finance
6.       
Dasar Hukum
PT Bank Mandiri (Persero) (selanjutnya disebut "Bank Mandiri") didirikan di Negara Republik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 1998 berdasarkan Akta Notaris Sutjipto,SH dan No. 10 tanggal 2 Oktober 1998 dan telah memperoleh persetujuan Menteri Kehakiman tanggal 2 Oktober 1998 No. C2-16561.HT.01.01 TH 98 dan telah diumumkan dalam Berita Republik Indonesia tanggal 4 Desember 1998 No. 97, Tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 6859.
Perubahan pertama Anggaran Dasar sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Sutjipto, SH No. 98 tanggal 24 Juli 1999, yang telah diterima dan dicatat di Departemen Kehakiman RI tanggal 29 Juli 1999 No. C-13.781.HT.01.04 TH 99 dan telah diumumkan dalam Berita Negara RI tanggal 24 September 1999 No. 77, Tambahan Berita Negara RI No. 252.
Perubahan kedua Anggaran Dasar sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH pengganti notaris Sutjipto, SH No. 48 tanggal 10 Juli 2001, perubahan mana telah diterima dan dicatat dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum (SISMINBAKUM) Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 18 Juli 2001 No. C-03458.HT.01.04 TH 2001 dan telah diumumkandalam Berita Negara RI tanggal 18 Desember 2001 No. 101, Tambahan Berita Negara RI No.491.
Perubahan ketiga sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH pengganti notaris Sutjipto, SH No. 1 tanggal 1 Juni 2003, perubahan mana telah dicatat dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum (SISMINBAKUM) Dirjen Administrasi Hukum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 3 Juni 2003 No. C-12266.HT.01.04 TH 2003 dan telah diumumkan dalam Berita Negara RI tanggal 8 Agustus 2003 No. 63, Tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 517.
Perubahan keempat sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH pengganti notaris Sutjipto, SH No. 2 tanggal 1 Juni 2003 dan telah memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI sesuai seurat tanggal 6 Juni 2003 No. C-12783.HT.01.04 TH 2003 dan telah diumumkan dalam Berita NEgara RI tanggal 8 Agustus 2003 No. 63, Tambahan Berita Negara RI No. 6590.
Perubahan kelima sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Sutjipto, SH no. 130 tanggal 29 September 2003, perubahan mana telah diterima dan dicatat dalam database Sistem administrasi Badan Hukum (SISMINBAKUM) Dirjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 23 Oktober 2003 No. C-25309.HT.01.04 TH 2003 dan telah diumumkan dalam Berita Negara RI tanggal 21 Oktober 2003 No. 910, Tambahan Berita Negara RI No. 93.
Perubahan keenam sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Sutjipto,SH No. 43 tanggal 10 nopember 2004, perubahan mana elah diterima dan dicatat dalam database SISMINBAKUM Dirjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 8 Desember 2004 No. C-29749.HT.01.04 TH 2004.
Perubahan ketujuh sebagimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH, pengganti notaris Sutjipto, SH No. 108 tanggal 26 Januari 2005, perubahan mana telah diterima dan dicatat dalam database SISMINBAKUM Dirjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 14 Februari 2005 No. C-03680.HT.01.04 TH 2005. Perubahan kedelapan sebagaimana dimuat dalam Akta Notaris Aulia Taufani, SH pengganti notaris Sutjipto, SH No. 5 tanggal 4 April 005, perubahan mana telah diterima dan dicatat dalam database SISMINBAKUM Dirjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI tanggal 18 April 2005 No.C-10564.HT.01.04 TH 2005.
Struktur Permodalan
Komposisi Kepemilikan Saham
Pemerintah : 70 %, Publik : 30 %
Modal Perseroan




Strategi :
·         Menyelesaikan permasalahan kredit bermasalah (NPL) dan melakukan konsolidasi bisnis Corporate Banking.
·         Memperbaiki image perusahaan, meningkatkan penerapan Good Corporate Governance dan memperkuat kapabilitas.
·         Melanjutkan pengembangan bisnis pada seluruh segmen yang telah ditetapkan.
·         Meningkatkan efisiensi operasional.
·         Meningkatkan profesionalisme SDM melalui penerapan corporate values, performance culture, sales & risk culture.
Tujuan :
Turut melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang perbankan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Visi :
TERDEPAN. TERPERCAYA, TUMBUH BERSAMA ANDA
Misi :
·         Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
·         Mengembangan sumber daya manusia profesional
·         Memberikeuntungan yang maksimal bagi stakeholder
·         Melaksanakan manajemen terbuka
·         Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

Struktur Organisasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk per tanggal 9 Januari 2007
Struktur Organisasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk per tanggal 19 Maret2007

Data Direksi
Nama                                      :           Zulkifli Zaini
Tanggal Menjabat                   :           05-07-2010
Jabatan                                    :           Direktur Utama
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2007
Tanggal SK Pengangkatan      :           05-07-2010

Nama                                      :           Abdul Rachman
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                    :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010





Nama                                      :           Pahala Nugraha Mansury
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                    :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                       :           Sunarso
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                                :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                      :           Fransisca Nelwan Mok
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                                :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                      :           Ogi Prastomiyono
Tanggal Menjabat                   :           29-05-2008
Jabatan                                    :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2007, c.q. Persetujuan BI
Tanggal SK Pengangkatan      :           29-05-2008

Nama                                      :           Kresno Sediarso
Tanggal Menjabat                   :           05-07-2010
Jabatan                                    :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPSLB 2010
Tanggal SK Pengangkatan      :           05-07-2010

Nama                                       :           Sentot A. Sentausa
Tanggal Menjabat                   :           25-05-2011
Jabatan                                    :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2010
Tanggal SK Pengangkatan      :           25-05-2011

Nama                                       :           Budi Gunadi Sadikin
Tanggal Menjabat                   :           25-05-2011
Jabatan                                                :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2010
Tanggal SK Pengangkatan      :           25-05-2011

Nama                                       :           Royke Tumilaar
Tanggal Menjabat                   :           25-05-2011
Jabatan                                               :           Direktur
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2010
Tanggal SK Pengangkatan      :           25-05-2011


Data Komisaris

Nama                                      :           Edwin Gerungan
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                                :           Komisaris Utama/Kom.Independ
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                       :           Muchayat
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                    :           Wakil Komisaris Utama
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                       :           Gunarni Soeworo
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                    :           Komisaris Independen
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                       :           Pradjoto
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                    :           Komisaris Independen
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                       :           Cahyana Ahmadjayadi
Tanggal Menjabat                   :           17-05-2010
Jabatan                                    :           Komisaris
SK Pengangkatan                   :           RUPS Tahunan TB 2009
Tanggal SK Pengangkatan      :           17-05-2010

Nama                                       :           Krisna Wijaya
Tanggal Menjabat                   :           05-07-2010
Jabatan                                                :           Komisaris Independen
SK Pengangkatan                   :           RUPSLB 2010
Tanggal SK Pengangkatan      :           05-07-2010

Nama                                       :           Wahyu Hidayat
Tanggal Menjabat                   :           23-04-2012
Jabatan                                                :           Komisaris
SK Pengangkatan                   :           RUPS TB 2011
Tanggal SK Pengangkatan      :           23-04-2012






Demografi Pegawai

Keterangan
Jumlah

Keterangan
Jumlah
Tetap
20306

Tetap
20055
Kontrak
2102

Kontrak
2854
Direksi
9

Direksi
11
Satu level di bawah direksi
66

Satu level di bawah direksi
74
Dua level di bawah direksi
294

Dua level di bawah direksi
1249
S3
7

S3
7
S2
1519

S2
1534
S1
12745

S1
14332
D3
3053

D3
2941
D2
0

D2
0
D1
0

D1
0
SMA
4782

SMA
4325
SMP
302

SMP
267
SD
0

SD
0
Jumlah Laki-laki
13281

Jumlah Laki-laki
13302
Jumlah Perempuan
9127

Jumlah Perempuan
9607
Usia > 56 tahun
0

Usia > 56 tahun
0
Usia 46 - 55 tahun
5343

Usia 46 - 55 tahun
5351
Usia 36 - 45 tahun
7959

Usia 36 - 45 tahun
7727
Usia 26 - 35 tahun
7473

Usia 26 - 35 tahun
7759
Usia 25 tahun
1633

Usia 25 tahun
2072
                       
Bagan Organisasi
aDirektur Utama
Zulkifli Zaini













Direktur
Abdul Rachman
Direktur
Pahala Nugraha Mansury
Direktur
Sunarso
Direktur
Fransisca Nelwan Mok
Direktur
Ogi Prastomiyono
Direktur
Kresno Sediarso
Direktur
Sentot A. Sentausa
Direktur
Budi Gunadi Sadikin
Direktur
Royke Tumilaar



Produk
  • Safe Deposit Box (SDB)
  • Authorized Money Changer (AMC)
  • KIOSK
  • DEPOSITO VALAS MANDIRI
  • DEPOSITO MANDIRI
  • Fasilitas kredit talangan
  • Kredit Modal Kerja Komoditas (KMKK)
  • Western Union Money Transfer (WUMT)
  • Travelers Cheque Valas
  • Mandiri Travelers Cheque (MTC)
  • Produk
  • Fasilitas kredit investasi – Commercial banking
Deskripsi :
Salah satu pengembangan dari Kredit Investasi yang diberikan kepada debitur/calon debitur yang khusus digunakan untuk pembelian alat-alat berat dan atau alat-alat pelengkap dari Prinsipal.
Prinsipal adalah perusahaan yang bergerak didalam penjualan alat-alat berat dan alat-alat pelengkap yang telah membuat perjanjian kerjasama dengan Bank.
Manfaat:
  • Bagi debitur/calon debitur:
  • plafon kredit hingga 80% dari harga alat-alat berat dan/atau pelengkap
  • nilai agunan utama dan tambahan minimal sebesar 125%
  • keringanan commitment fee.
Fitur Produk:
  • Jenis kredit : KI
  • Sifat kredit : Non Revolving
  • Jangka waktu : > 1 thn
  • Limit kredit : 80% dari pembiayaan alat-alat berat
  • Bill Payment
  • Consumer Banking
Deskripsi :
Bill Payment adalah layanan penerimaan pembayaran tagihan rutin yang meliputi :
  • Penerimaan pembayaran tagihan listrik (PLN)
  • Penerimaan pembayaran tagihan telepon (Telkom)
  • Penerimaan pembayaran Pajak
  • Penerimaan pembayaran tagihan telepon seluler (Telkomsel, Satelindo)
  • Penerimaan pembayaran tagihan jasa internet (Indosat Net)
  • Penerimaan pembayaran tagihan lainnya yang dilakukan oleh cabang sendiri dengan institusi lokal (misal PDAM, Metrosel, Komselindo).
Fitur :
Pembayaran tagihan dapat dilakukan oleh pelanggan dengan menggunakan :
  • Setoran tunai
  • Pemindahbukuan (Overbooking)
  • Standing instruction / Direct Debit
  • Warkat bank lain
  • Warkat Bank Mandiri
  • ATM
  • TREASURY & INTERNASIONAL PRODUCT
  • Produk terkait Nilai Tukar
Transaksi Valuta Today, Tomorrow, Spot
Transaksi Valuta Today adalah transaksi untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya dengan penyerahan di hari yang sama dengan hari transaksi.
Transaksi Valuta Tomorrow adalah transaksi untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada hari transaksi dengan penyerahan satu hari kerja setelah tanggal transaksi.
Transaksi Valuta Spot adalah transaksi untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada hari transaksi dengan penyerahan dua hari kerja setelah tanggal transaksi.
Forward
Transaksi Forward adalah suatu transaksi / kontrak untuk mempertukarkan suatu valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada tanggal yang akan datang dengan rate / harga yang ditentukan pada tanggal kontrak.
Currency Swap
Currency Swap atau sering disebut Swap adalah suatu transaksi / kontrak untuk untuk mempertukarkan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada tanggal valuta tertentu sekaligus dengan perjanjian untuk untuk mempertukarkan kembali valuta asing lawan valuta (asing) lainnya tersebut pada tanggal valuta berbeda di masa yang akan datang. Harga / rate yang digunakan pada kedua transaksi ditentukan pada tanggal kontrak, dan kedua transaksi tersebut dilaksanakan sekaligus dan dengan counterparty yang sama.

FX Option
Kontrak pembelian atau penjualan hak (bukan kewajiban) untuk membeli atau menjual sejumlah valuta asing tertentu terhadap valuta (asing) lainnya dengan harga yang telah ditentukan (strike price) untuk suatu periode tertentu.
Produk terkait Suku Bunga
Interest Rate Swap (IRS)
Kontrak pertukaran/perubahan pembayaran suku bunga dari floating rate menjadi fixed rate atau sebaliknya tanpa penyerahan principal. Besarnya suku bunga tidak tetap dan ditentukan oleh besarnya suatu benchmark suku bunga yang diperjanjikan antara lain LIBOR (London Interbank Offer Rate), SIBOR (Singapore Interbank Offer Rate) ataupun SBI (Sertifikat Bank Indonesia).
Forward Rate Agreement (FRA)
Suatu kontrak antara dua pihak untuk menetapkan suatu suku bunga masa depan pada tingkat dan jangka waktu yang ditentukan lebih dulu.
Interest Rate Cap & Floor
Merupakan instrumen yang membatasi maksimum biaya bunga yang akan dibayarkan (Interest Rate Cap) atau minimum pendapatan bunga (Interest Rate Floor) yang akan diterima oleh suatu pihak. Interest Rate Cap & Floor ini berguna untuk melindungi perusahaan dari trend perubahan suku bunga yang kurang menguntungkan
Cross Currency Swap (CCS)
Kontrak antara dua pihak untuk melakukan pertukaran dua aliran pembayaran bunga dengan denominasi dalam dua mata uang yang berbeda, selama jangka waktu yang disepakati. Pada akhir jangka waktu tersebut, kedua pihak kemudian mempertukarkan kembali jumlah pokok (principal) yang sesuai pada tingkat suku bunga yang disepakati pada awal kontrak
Produk Investasi
Surat Utang Negara (SUN) & Obligasi Retail Negara Republik Indonesia (ORI)
Untuk investasi jangka menengah & panjang, kami menyediakan obligasi (surat pengakuan utang) dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang diterbitkan dan dijamin pembayaran bunga & pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, dengan imbal hasil yang relatif tinggi.
Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
Surat berharga berjangka waktu pendek dalam mata uang Rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Sangat tepat bagi Anda yang hendak mengoptimalkan imbal hasil dari dana Anda dalam jangka pendek.
Customized Product
Treasury Bank Mandiri juga menyediakan produk Treasury lain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda
COMMERCIAL BANKING
  • Produk Dana
  • Giro
Kemudahan
Dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi bisnis Anda menjadi lebih mudah.
Pembukaan rekening, pencairan ataupun penyerahan Cek dan/atau Bilyet Giro Bank Mandiri dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank Mandiri.
Kenyamanan Bertransaksi
Dukungan kantor cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh nusantara memb erikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Dimanapun Anda berada, kegiatan perbankan sehari-hari Anda tetap berjalan seperti biasa.
Fasilitas :
Pilihan Mata Uang
Tersedia beberapa mata uang : Rupiah, USD, SGD, EUR, AUD, GBP, DEM, JPY, HKD, CHF dan FFR.
Bebas Biaya Transfer
Nikmati fasilitas transfer ke rekening lain di Bank Mandiri tanpa biaya.
Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif
Dengan sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang lebih besar. Semakin besar saldo rekening Anda, semakin tinggi jasa giro yang akan Anda peroleh
Deposito Berjangka
Suku Bunga yang Kompetitif
Suku bunga Deposito Mandiri yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang

Fleksibilitas Tinggi
Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
Pada saat jatuh tempo, Anda dapat leluasa memilih untuk menikmati bunga secara tunai atau diinvestasikan kembali ke dalam pokok Deposito atau ditransfer ke rekening yang Anda kehendaki.
Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Deposito Rupiah Mandiri.
Terpercaya
Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Deposito Mandiri
Fasilitas
Automatic Roll Over (ARO)
Deposito Anda dapat diperpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo.
Dana Tunai Mandiri
Anda dapat memperoleh fasilitas Dana Tunai Mandiri dengan Deposito Anda sebagai jaminannya. Apapun kebutuhan Anda dapat dipenuhi dengan cepat dan mudah sementara Deposito Anda tetap menghasilkan bunga.
Deposito On Call
Suku Bunga yang Kompetitif
Suku bunga Deposito On Call Mandiri yang kompetitif menjadikan kelebihan likuiditas perusahaan Anda dapat memb erikan keuntungan optimal.
Fleksibilitas Tinggi
Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:
  • 7 sampai dengan 13 hari
  • 14 sampai dengan 20 hari
  • 21 sampai dengan 28 hari


Terpercaya
Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan rasa aman dan menguntungkan.
Produk Ekspor
Bill Purchasing
Pada transaksi ekspor dengan LC, terdapat tenggang waktu antara presentasi dokumen dengan penerimaan pembayaran dari Issuing Bank. Bill Purchasing memungkinkan Anda memperoleh pembayaran segera setelah presentasi dokumen sehingga akan meningkatkan efisiensi Cash Flow Anda.
Arti dari Bill Purchasing adalah pengambilalihan dokumen atau draft atas dasar LC yang harus dibayar oleh Issuing Bank. Bill Purchasing ini dapat dilakukan baik untuk LC yang bersifat Sight (Atas Unjuk) maupun Usance (Berjangka) dengan hak regres (with recourse). Sebelum melakukan Bill Purchasing, kami akan memberikan Anda limit yang disebut Trade Line.
Kami dapat mengkredit rekening Anda pada hari yang sama dengan presentasi dokumen, apabila dokumen lengkap kami terima sebelum pk. 12.00 WIB.
Manfaat
Membantu pengembangan usaha Anda karena proceeds yang Anda peroleh dapat segera Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda.
Meningkatkan daya saing Anda dimata counter party dengan menawarkan penundaan pembayaran tanpa mengganggu Cash Flow Anda.
Memitigasi kemungkinan un-paid dari Issuing Bank karena adanya discrepancy, dengan layanan Document Preparation kami.
Pre-Export Financing
Pre-Export Financing adalah pembiayaan modal kerja yang diberikan atas dasar LC. Pembiayaan ini dapat Anda pergunakan baik untuk pembelian bahan baku, pembuatan barang maupun untuk Pengadaan barang.
Bank Mandiri akan memberikan limit yang bersifat revolving yang dapat Anda pergunakan untuk merealisir transaksi ekspor Anda, setelah menyerahkan original DC Anda yang tunduk pada Uniform Customs and Practices for Documentary Credit (UCP) versi terbaru. Modal Kerja yang dapat Anda pergunakan maksimum adalah sebesar 80% dari nilai DC.


Manfaat
  • Membantu merealisir transaksi ekspor tanpa mengganggu Cash Flow Anda
  • Fasilitas dengan suku bunga prime sehingga dapat meminimalisir biaya yang Anda keluarkan
  • Produk Impor & Trust Receipt
Letter Of Credit Issuance
Letter of Credit (LC) adalah instrument yang diterbitkan oleh Bank Mandiri (Issuing Bank), atas permintaan Applicant yang berisi janji bank untuk membayar sejumlah uang kepada Beneficiary apabila bank menerima dokumen yang sesuai dengan syarat LC.
Penerbitan LC melalui Bank Mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang kami sediakan. Sekarang ada cara yang lebih cepat dalam menerbitkan LC yaitu dengan menggunakan dana Anda, baik berupa dana tunai,/blokir rekening/blokir deposito, sebagai Setoran Jaminan. Sebagai bank terbesar di Indonesia, LC yang kami terbitkan akan diterima oleh counter party maupun bank counter party Anda.
Setelah pengisian Aplikasi Penerbitan LC, kami akan menerbitkan LC yang merupakan janji kami sebagai bank yang berstandar internasional kepada Beneficiary Anda. Sejak saat itu, kami akan menangani semua hal mengenai LC Anda mulai dari pemeriksaan dokumen sesuai peraturan internasional dan kelaziman perbankan, hingga proses settlement. Dengan demikian, kepentingan semua pihak terlindungi.
Manfaat
  • Memeriksa bahwa persyaratan dokumen yang tercantum dalam LC terpenuhi
  • Melindungi proses settlement transaksi internasional Anda
  • Meningkatkan bonafiditas Anda karena LC yang Anda pergunakan diterbitkan oleh Bank bertaraf internasional.
Sight LC
Adalah LC yang mensyaratlan pembayaran wesel pada saat ditunjukkan (atas unjuk).
Usance LC
Adalah LC yang mensyaratkan pembayaran wesel pada masa yang akan datang (berjangka).
UPAS LC
Adalah LC yang mensyaratkan pembayaran berjangka (Usance) untuk Buyer, namun Seller dapat menerima pembayaran wesel secara atas unjuk (Sight). Kami dapat memfasilitasi pendanaan untuk LC Upas baik melalui bank koresponden maupun Kantor Luar Negeri kami.

Inward Documentary Collection
Inward Documentary Collection merupakan cara yang murah namun aman dalam melakukan perdagangan internasional. Inward Documentary Collection adalah kegiatan impor tanpa menggunakan LC yang dilakukan melalui bank (Collecting Bank) karena adanya permintaan dari bank koresponden (Remiting Bank) untuk menyampaikan dokumen kepada importer dengan cara pembayaran tertentu. Documentary Collection against Payment (D/P) dan against Acceptance (D/A) merupakan cara pembayaran yang cost effective yang dapat Anda tawarkan pada Supplier Anda. Sebelum Anda memutuskan apakah membayar (D/P) atau mengaksep (D/A), Anda dapat datang ke Trade Servicing Centers kami untuk berkonsultasi.
Dengan lebih dari 1000 Correspondent Bank di seluruh dunia, Supplier Anda akan dengan mudah mengirimkan dokumen ekspornya melalui bank koresponden kami sehingga dokumen dapat Anda terima lebih cepat dan menimalisir kerusakan barang di pelabuhan. Proses Collection dimulai saat Supplier Anda telah mengirimkan barangnya, mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan mempresentasikan dokumen tersebut kepada banknya. Bank Supplier Anda (remitting bank), akan mengirimkan dokumen-dokumen tersebut kepada kami (collecting/presenting bank) untuk pembayaran atau akseptasi.
Manfaat
  • Meminimalisir resiko pembayaran dari sisi Supplier dengan biaya yang murah dari sisi Anda
  • Memungkinkan Anda untuk memperoleh barang yang Anda impor sebelum melakukan pembayaran (D/A)
  • Merupakan alternative pembayaran dari DC
Trust Receipt (TR)
TR adalah fasilitas penundaan pembayaran dari Bank terhadap kewajiban pembayaran Anda berdasarkan DC dengan cara penyerahan TR Letter. Fasilitas ini memungkinkan Anda melakukan penundaan pembayaran kepada Suplier tanpa menurunkan kredibilitas Anda. Fasilitas ini, merupakan bagian dari fasilitas DC Issuance yang kami berikan kepada Anda. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melakukan penundaan pembayaran kewajiban Anda kepada Bank, namun tetap dapat mengambil barang yang sudah Anda pesan dengan DC yang dibuka. Anda cukup menyerahkan TR Letter yang pada intinya berisi pernyataan menerima barang dan janji membayar kepada Bank.
Manfaat
  • Merupakan fasilitas talangan dengan bunga yang bersaing di saat Anda mengalami mismatch pada Cash Flow Anda.
  • Meningkatkan kredibilitas Anda di mata Supplier.

CORPORATE BANKING
  • Produk Dana
  • Giro
Kemudahan
Dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi bisnis Anda menjadi lebih mudah.
Pembukaan rekening, pencairan ataupun penyerahan Cek dan/atau Bilyet Giro Bank Mandiri dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank Mandiri.
Kenyamanan Bertransaksi
Dukungan kantor cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh nusantara memb erikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Dimanapun Anda berada, kegiatan perbankan sehari-hari Anda tetap berjalan seperti biasa.
Fasilitas
  • Pilihan Mata Uang
  • Tersedia beberapa mata uang : Rupiah, USD, SGD, EUR, AUD, GBP, DEM, JPY, HKD, CHF dan FFR.
  • Bebas Biaya Transfer
  • Nikmati fasilitas transfer ke rekening lain di Bank Mandiri tanpa biaya.
  • Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif
  • Dengan sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang lebih besar. Semakin besar saldo rekening Anda, semakin tinggi jasa giro yang akan Anda peroleh
  • Deposito Berjangka
  • Suku Bunga yang Kompetitif
  • Suku bunga Deposito Mandiri yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang
  • Fleksibilitas Tinggi
  • Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
  • Pada saat jatuh tempo, Anda dapat leluasa memilih untuk menikmati bunga secara tunai atau diinvestasikan kembali ke dalam pokok Deposito atau ditransfer ke rekening yang Anda kehendaki.
  • Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Deposito Rupiah Mandiri.
  • Terpercaya
Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Deposito Mandiri.

SMS BANKING MANDIRI

Layanan

Layanan
MANDIRI SMS
Keuntungan & Jenis Transaksi
apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi

Ketik SMS atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan semakin mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda.
Transaksi Perbankan, Kapan Saja

Dimana saja Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan
Mudah dan Fleksibel

Ketik SMS atau Pilih Menu
Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel *).
Lebih Efisien

Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
Memakai semua jenis SIM Card

Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.
*) Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat
Jenis Transaksi

1. Transfer uang
* Transfer antar rekening Bank Mandiri
* Transfer antar Bank
2. Cek Saldo
* Saldo rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.
3. Informasi
* Informasi tagihan Mandiri Visa
* 5 transaksi terakhir rekening
* Suku bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing
4. Pembayaran dan pembelian
* Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
* Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE
5. Notifikasi SMS
* Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
* Penolakan cek/bilyet giro
* Jatuh tempo rekening Deposito
* Saldo rekening di bawah nilai tertentu.
6. Perubahan PIN
* Perubahan PIN

CALL MANDIRI 14000
MANDIRI ATM
Fitur dan Menu Layanan

Mandiri ATM.. Semakin Dekat, Semakin Mudah
Mandiri ATM, Semakin dekat
Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 4.194 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.
Mandiri ATM, Semakin mudah
Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi terakhir, dll.
Mandiri ATM, 24×7
Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu
Mandiri ATM, Multi akses.
Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron
Mandiri ATM, bebas biaya transaksi
Layanan Mandiri ATM tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi).
Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000
Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000
Fitur/Layanan Mandiri ATM.
1. Fitur Standar / Akses ke Rekening
Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir
2. Payment Umum/Utilities/Open Payment
Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata
3. Pembayaran Tagihan Telepon
Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi
4. Isi Ulang Pulsa;
Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas
5. Registrasi
SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri
6. Kartu Mandiri Visa
Cash Advance, Inquiry Tagihan

Tips Penting bagi Nasabah
1. Pada Saat Menerima Kartu ATM
* Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel.
* Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Call Mandiri. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman.
* Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
* Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain
* Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Call Mandiri, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
2. Selama Menjadi Nasabah
* Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS
* Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.
* Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman.
* Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.
* Segera telepon Call Mandiri 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.
* Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.
3. Saat Bertransaksi
* Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
* Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
* Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
* Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.
* Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
* Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
* Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka
* Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir.




Tarif Layanan
Nasabah yang terhormat,
Dengan ini kami beritahukan tarif layanan Mandiri Internet, Mandiri SMS, Mandiri Call dan Mandiri ATM terbaru.
Mandiri Internet

No
Fitur
Tarif
1
Transfer Antar Bank via kliring
Rp. 7.500
2
Pembayaran tagihan PLN
Rp. 2.500
3
Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
Rp. 1.000
4
Transfer Antar Bank via RTGS
Rp. 15.000
5
Pengambilan Token PIN Mandiri pertama kali
Rp. 20.000
6
Penggatian Token PIN Mandiri karena kesalahan nasabah
Rp. 100.000
7
Penggatian Token PIN Mandiri bukan karena kesalahan nasabah
Bebas
8
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain
Rp. 5.000
9
Pembayaran STIE Trisakti
Rp. 3.500
10
Pembayaran PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
Rp. 2.500
11
Pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN)
Rp. 2.500
12
Pembayaran Tagihan Gas Negara (PGN)
Rp. 2.500
13
Pembayaran Tagihan PAM Kota Bandung
Rp. 2.000
Mandiri SMS
No
Fitur
Tarif
1
Pembayaran tagihan PLN
Rp. 2.500
2
Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
Rp. 1.000
3
Transfer Antar Bank via kliring
Rp. 2.500
4
Transfer Antar Bank via RTGS
Rp. 15.000
5
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain
Rp. 5.000
6
Pembayaran PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
Rp. 2.500
7
Pembayaran Tagihan PAM Kota Bandung
Rp. 2.000
Mandiri Call
No
Fitur
Tarif
1
Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
Rp. 1.000
2
Pembayaran tagihan PLN
Rp. 2.500
3
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain
Rp. 5.000
4
Pembayaran PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
Rp. 2.500
5
Pembayaran Tagihan PAM Kota Bandung
Rp. 2.000


ATM
No
Fitur
Tarif
1
Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dengan berita
Rp. 1.000
2
Transfer Antar Bank via kliring (SKN)
Rp. 7.500
3
Transfer Antar Bank via RTGS
Rp. 15.000
4
Transfer Antar Bank via Jaringan ATM Bersama
Rp. 5.000
5
Pembayaran tagihan PLN
Rp. 2.500
6
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain
Rp. 5.000
7
Pembayaran STIE Trisakti
Rp. 3.500
8
Pembayaran PBB (Pajak Bumi & Bangunan)
Rp. 2.500
9
Pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN)
Rp. 2.500
10
Pembayaran Tagihan Gas Negara (PGN)
Rp. 2.500
11
Pembayaran Tagihan PAM Kota Bandung
Rp. 2.000
Layanan
SMS BANKING MANDIRI
Consumer Banking

Deskripsi :
* Keuntungan
* Semudah mengirim SMS
* Tuliskan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS
* Lebih efisien
* Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp 500
* Untuk Notifikasi SMS sebesar Rp 500
* Memakai SIM Card Lama Anda
* Tidak diperlukan SIM Card khusus, cukup yang Anda pakai selama ini
* Bisa di semua ponsel
* Bisa dilakukan di semua ponsel yang memiliki fasilitas SMS

Features :
* Jenis Transaksi
* Transfer Uang
* Transfer antar rekening Bank Mandiri (antar rekening sendiri dan ke rekening lain)
* Cek Saldo
* Saldo rekening tabungan dan giro rupiah
* Informasi
* Daftar rekening sendiri dan daftar rekening tujuan transfer
* Suku bunga deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
* 5 transaksi terakhir
* Notifikasi SMS
* Pendebetan/pengkreditan di atas nilai tertentu
* Penolakan cek/bilyet giro

* Jatuh tempo rekening deposito
* Saldo rekening dibawah nilai tertentu

Syarat Pendaftaran
Memiliki rekening tabungan, rekening giro rupiah dan atau deposito rupiah Mandiri serta telah memiliki SIM Card GSM Telkomsel, Exelcom, Satelindo dan IM3 (prabayar atau pasca bayar)
Untuk pendaftaran di ATM harus memiliki kartu ATM Mandiri, sedangkan untuk pendaftaran di Cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Tabungan, Kartu ATM Mandiri)
Cara Memperoleh Layanan
* Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri terdekat atau dating ke Cabang Bank Mandiri.
* Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke menu Pendaftaran E Banking dan tekan Pendaftaran SMS Banking Mandiri, lalu ikuti langkah selanjutnya.
* Anda akan menerima konfirmasi SMS dari Bank Mandiri
Mandiri mATM
Dengan Layanan mATM Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna Mandiri SMS bisa melakukan pembelian barang, pembayaran di merchant mATM langsung dari ponselnya. Merchant mATM adalah nasabah Bank Mandiri pengguna Mandiri SMS yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS. Untuk memperoleh kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan harus datang ke outlet graPARI terdekat.
Layanan mATM bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program mATM. Pelanggan mATM bisa dikenal dari Logo Layanan mATM di toko mereka.
Untuk melakukan pembelian, pembayaran barang di merchant mATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel nasabah (seperti contoh di bawah).


 
Pembayaran barang
Nasabah dianjurkan untuk memastikan kebenaran isi konfirmasi transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah pembelian barang/jasa.
Setelah transaksi selesai diproses oleh sistim Bank Mandiri, merchant mATM akan menerima notifikasi SMS yang sama bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang yang dibeli dari merchant tersebut.
Disamping dapat menikmati layanan mATM, merchant mATM dengan kartuHALO mPOS juga dapat memanfaatkan layanan Mandiri SMS untuk melakukan transaksi perbankan sehari-hari melalui berbagai fiturnya seperti cek saldo, 5 transaksi terakhir, sampai dengan transfer antar bank maupun antar rekening di Bank Mandiri, pembayaran tagihan Telkom, PLN, pembayaran tagihan GSM/CDMA, pembelian pulsa isi ulang GSM/CDMA, pembelian tiket Garuda dan notifikasi SMS secara real time on line 24 jam sehari 7 hari seminggu.
Dalam kerjasama merchant mATM ini, Bank Mandiri menunjuk PT e-Mobile Indonesia dalam melakukan pendaftaran merchant mATM di seluruh Indonesia. Bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang memiliki bisnis/toko dan tertarik untuk menjadi merchant mATM, silakan hubungi :
PT eMobile Indonesia
Telp                : 021-3503936
Fax                   : 021-3506079
E-mail              : matm@emobile.co.id
Nama PIC       : Mungna, Meliesa, Taty & Teddy

Dengan senang hati, sales consultant dari PT e-Mobile Indonesia akan datang untuk membantu Anda.
Syarat-syarat menjadi merchant mATM :
  • Mengisi formulir aplikasi merchant
  • Mengisi formulir kartuHALO Telkomsel
  • Membuka rekening Tabungan atau giro di Bank Mandiri
  • Mendaftar SMS Banking Mandiri di cabang
  • Menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Mandiri
  • Menyetujui syarat dan ketentuan merchant mATM Mandiri
  • Fotocopy KK, KTP dan NPWP
MANDIRI INTERNET
Keuntungan dan Keamanan
Keuntungan Mandiri Internet:
Cukup dari Meja Kerja Anda !
Melakukan aktivitas perbankan cukup dari meja kerja, dengan menggunakan personal computer/lap-top, Modem + Line Telephone atau GPRS
Tanpa Batasan Waktu !
Nasabah dapat meng-akses rekening mereka 24 jam sehari 7 hari seminggu
Cakupan Global !
Dapat melakukan transaksi dari belahan dunia manapun (selama ada akses ke Internet)
Siapapun bisa menikmati kemudahannya !
Menu transaksi jelas dan mudah digunakan
Fitur Lengkap
Transfer Dana
  • Transfer antar Rekening Mandiri
  • Transfer antar Bank Domestik
    • Dengan cara Sistim Kliring Nasional (SKN)
    • Dengan cara Real Time Gross Settlement (RTGS)
  • Daftar Transfer Terjadwal
Pembayaran
  • Telkom & Telepon CDMA
  • Telepon GSM
  • Internet
  • Kabel TV
  • Kartu Kredit
  • Listrik
  • PBB
  • Angsuran
  • PAM
  • Angsuran
  • Asuransi
  • Pendidikan
  • Kereta Api
  • Airlines
  • Autodebit
  • Lain-lain
Pembelian
  • Pulsa Telepon CDMA
  • Pulsa Telepon GSM
Penempatan Deposito Berjangka
Penempatan Mandiri Tabungan Rencana
Informasi Rekening & Kartu Kredit
  • Rek. Tabungan & GIRO
    • Posisi Saldo
    • Histori Transaksi
    • Daftar Rekening
  • Rek. Deposito
  • Rek. Pinjaman
  • Informasi Kartu Kredit Mandiri
Fasilitas Layanan
  • Status Cek
  • Layanan Notifikasi SMS
  • Informasi Suku Bunga
  • Informasi Kurs
Informasi Aktivitas Internet Banking
Fungsi Administrasi (e.g. rubah alamat e-mail, ganti password, Authorized Payment)
Personalisasi (e.g. transaksi favorit, bahasa)
Keamanan Berlapis
  • Menggunakan sistem keamanan standard international dengan enkripsi SSL 128 bit(Secure Socket Layer 128 bit Encryption) yang akan mengacak data transaksi
  • Pengamanan pintu akses dengan Firewall (ISP>Web Server>Data Server>Host)
  • Proses pendaftaran melalui ATM Mandiri atau Cabang Bank Mandiri
  • Proses aktivasi di www.bankmandiri.co.id dengan Access ID & Access Code
  • Verifikasi user dengan User ID & PIN Internet Banking pada saat login
  • Auto Logoff (Session Time Out ) jika Nasabah lupa log-out
  • Seluruh aktifitas nasabah di Mandiri Internet akan tercatat oleh sistem
  • Nasabah dapat melihat seluruh aktifitas yang dilakukan pada Internet Banking Mandiri selama jangka waktu tertentu
  • Notifikasi melalui e-mail dan SMS* untuk setiap transaksi yang dilakukan
  • Limit transaksi per hari hingga Rp. 500.000.000,-
  • Verifikasi transaksi dengan Token
Dilengkapi Dengan Token
·         Token (lihat gambar) adalah adalah alat pengaman tambahan untuk transaksi finansial di Elektronik Banking Bank Mandiri (Saat ini baru digunakan di Internet Banking Mandiri)
·         Token berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) untuk setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial.
·         PIN Mandiri digunakan sebagai otentikasi transaksi pada saat nasabah meng-eksekusi transaksi, sedangkan untuk login tetap menggunakan USER ID dan PIN Mandiri Internet.
·         Satu nomor ID Nasabah hanya link ke satu nomor serial Token PIN Mandiri, sehingga sangat unique dan bisa digunakan di semua Channel e-Banking
·         Token PIN Mandiri diproduksi dalam 11 warna yang berbeda.

Tidak Memerlukan Perangkat Khusus
Perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses Mandiri Internet:
Perangkat Keras (Hardware):
  • PC Pentium 133 Mhz, atau lebih tinggi.
  • Modem 28.8 kbps (disarankan 56 kbps).
Perangkat lunak:
  • Operating System Windows 98, Windows 2000 atau Windows NT
  • Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 atau Netscape Navigator 4.5
Koneksi Internet
  • Internet Account pada salah satu Internet Service Provider (Penyedia Jasa Internet) seperti Radnet, CBN, Indosatnet, dsb.
  • Instant Access : ( Telkomnet Instant atau ISP lainnya)
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

Rencana Kerja

Domestic Dominant Bank
Periode : year,2005 – 2009
Description :
Periode Work Plan : 2005 – 2009
Target :
Meningkatkan company value dengan market capitalization sebesar Rp. 100 triliun.

Bina Lingkungan
Program Awi-Awi Mandiri 2008
Bandung, 05 Agustus 2008 - Dalam rangka pengembangan program Wirausaha Muda Mandiri yang telah menjadi tema Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri tahun 2008 sekaligus upaya peningkatan jumlah generasi muda yang menjadi entrepreneur baru, Bank Mandiri bersama Saung Angklung Udjo melaksanakan " Program Awi - Awi Mandiri 2008 . Saung Angklung Udjo adalah sebuah organisasi sosial budaya yang bertujuan untuk melestarikan kelangsungan hidup budaya, khususnya budaya Sunda yaitu kesenian angklung. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan competitive amp comparative advantage produk dalam negeri, khususnya bambu serta menumbuhkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa seni dan pengrajin bambu sekaligus meningkatkan pengetahuan dan penghargaan masyarakat terhadap kerajinan berbahan baku bambu. Rangkaian Program Awi - Awi Mandiri 2008 terdiri dari seminar, program workshop mengenai kerajinan dan pengembangan sentra usaha bambu, pameran karya dan temu pasar serta penganugerahan karya terbaik dengan tema The Magic of Bamboo . Direktur Micro amp Retail Banking Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Program Awi - Awi Mandiri 2008 merupakan melting pot dan sarana belajar yang sangat bagus bagi generasi muda yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pengrajin bambu sekaligus peningkatan awareness masyarakat terhadap kerajinan bambu . Dalam program tersebut, mahasiswa yang merupakan perwakilan dari 10 Perguruan Tinggi di Bandung yaitu : ITB, ITeNas, Univ. Pasundan, STSI, STISI, Univ. Maranatha, ITHB, STDI, Univ. Widyatama dan Univ. Pendidikan Indonesia akan ditemukan dengan pengrajin bambu dari kelompok pengrajin bambu Padasuka Bandung, Manonjaya Tasik, Banjar, Cisaat Sukabumi dan Warung Kondang Cianjur, untuk berkolaborasi menciptakan karya seni berbahan dasar bambu. Program ini akan mempertemukan ide kreatif mahasiswa dengan kemampuan para pengrajin yang sama - sama berasal dari generasi muda. Akan ada proses kerjasama dan komunikasi sehingga dapat menghasilkan karya seni yang artistik dan diminati konsumen. Ini moment yang sangat menarik karena idealisme harus dapat sejalan dengan realitas untuk dapat dibuatnya suatu produk , tambah Budi Gunadi Sadikin. Lebih lanjut Budi G. Sadikin juga menjelaskan bahwa Program Awi - Awi Mandiri 2008 merupakan bentuk dukungan konkret Bank Mandiri terhadap himbauan Pemerintah untuk terus menggalakkan industri kreatif, salah satunya yaitu bidang kerajinan yang tahun lalu menyumbang devisa nomor 2 dari 14 jenis industri kreatif lainnya. Sebagai tahap awal, Bank Mandiri memang baru bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Bandung yang memiliki fakultas seni, pada tahun - tahun berikutnya diharapkan program serupa dapat dilaksanakan di kota - kota besar lainnya. Kang Opick selaku penanggung jawab Saung Angklung Udjo yang juga merupakan anak ke-7 pendiri Saung Angklung Udjo menambahkan, Saung Angklung Udjo sangat beruntung bertemu dengan Bank Mandiri yang juga concern terhadap peningkatan kualitas generasi muda dan punya tekad yang sama yaitu menambah jumlah entrepreneur muda di Indonesia . Jika ingin tetap eksis, kerajinan dan kesenian bambu tersebut perlu dilestarikan oleh generasi muda Indonesia karena saat ini generasi muda kurang memberikan apresiasi kepada kebudayaan daerah sementara kerajinan dan kesenian bambu sendiri sangat diminati dan dihargai oleh wisatawan asing, ujar Opick
Neraca
Top of Form
Bottom of Form
Laporan tahun : 2007
Laporan status : audited
Nama
Jumlah Rp (juta)
  Aktiva
319.085.589
    Kas
5.909.368
      Rupiah
5.597.216
      Mata Uang Asing
312.151
    Penempatan Pada Bank Indonesia
62.884.154
      Giro Bank Indonesia
28.161.059
      Sertifikat Bank Indonesia
23.524.027
      Lainnya
11.199.067
    Giro Pada Bank Lain
1.401.982
      Rupiah
36.067
      Mata Uang Asing
1.365.915
    Penempatan Pada Bank Lain
5.619.869
      Rupiah
195.100
      Mata Uang Asing
5.498.356
      Penyisihan Penghapusan
-73.587
    Surat-surat Berharga
3.792.524
      Rupiah
2.880.833
      Mata Uang Asing
2.026.189
      Penyisihan Penghapusan
-1.114.497
    Obligasi Pemerintah
89.466.316
      Diperdagangkan
972.391
      Tersedia Untuk Dijual
27.294.443
      Dimiliki Hingga Jatuh Tempo
61.199.482
    Surat Berharga Yang Dibeli Dengan Janji Dijual Kembali (reverse Repo)
3.290.852
      Rupiah
3.324.452
      Mata Uang Asing
0,
      Penyisihan Kerugian
-33.600
    Tagihan Derivatif
336.651
      Tagihan Derivatif
340.450
      Penyisihan Penghapusan
-3.799
    Kredit Yang Diberikan
125.488.384
      Rupiah
96.717.423
      Mata Uang Asing
41.812.656
      Penyisihan Kerugian
-13.041.695
    Tagihan Akseptasi
4.953.481
      Tagihan Akseptasi
5.023.235
      Penyisihan Penghapusan
-69.753
    Tagihan Lainnya - Transaksi Perdagangan
2.028.541
      Tagihan Lainnya - Transaksi Perdagangan
2.868.273
      Penyisihan Penghapusan
-839.731
    Penyertaan
124.905
      Penyertaan
198.847
      Penyisihan Penghapusan
-73.942
    Pendapatan Yang Masih Akan Diterima
1.672.638
    Biaya Dibayar Dimuka
294.216
    Uang Muka Pajak
7.043
    Aktiva Pajak Tangguhan
4.096.447
    Aktiva Tetap
4.531.576
      Aktiva Tetap
8.502.644
      Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap
-3.971.067
    Properti Terbengkalai
258.734
      Properti Terbengkalai
304.844
      Penyisihan Penghapusan
-46.109
    Aktiva Sewa Guna Usaha
0,
      Aktiva Sewa Guna Usaha
0,
      Akumulasi Penyusutan Aktiva Sewa Guna Usaha
0,
    Agunan Yang Diambil Alih
163.115
      Agunan Yang Diambil Alih
186.953
      Penyisihan Penghapusan
-23.838
    Aktiva Lain-lain
2.764.784
  Kewajiban
289.841.858
    Giro
67.010.950
      Rupiah
52.048.474
      Mata Uang Asing
14.962.476
    Kewajiban Segera Lainnya
1.049.492
      Rupiah
968.145
      Mata Uang Asing
81.347
    Tabungan
85.358.813
    Simpanan Berjangka
94.985.257
      Rupiah
78.535.763
      Mata Uang Asing
16.449.494
    Sertifikat Deposito
0,
      Rupiah
0,
      Mata Uang Asing
0,
    Simpanan Dari Bank Lain
5.410.340
      Tabungan
248.965
      Giro
1.388.099
      Simpanan Berjangka
2.945.658
      Interbank Call Money
827.617
    Surat Berharga Yang Dijual Dengan Janji Dibeli Kembali (repo)
2.914.343
    Kewajiban Derivatif
34.348
    Kewajiban Akseptasi
5.023.235
    Surat Berharga Yang Diterbitkan
4.050.564
      Rupiah
1.332.671
      Mata Uang Asing
2.717.893
    Pinjaman Yang Diterima
9.345.061
      Rupiah
1.624.015
      Mata Uang Asing
7.721.046
    Estimasi Kerugian Komitmen
469.508
    Kewajiban Sewa Guna Usaha
0,
    Beban Yang Masih Harus Dibayar
540.608
    Taksiran Pajak Penghasilan
1.083.682
    Kewajiban Pajak Tangguhan
0,
    Kewajiban Lain-lain
9.624.030
    Pinjaman Subordinasi
2.935.274
      Pihak Yang Mempunyai Hubungan Istimewa
0,
      Pihak Ketiga
2.935.274
    Modal Pinjaman
0,
    Hak Minoritas Atas Aktiva Bersih Anak Perusahaan Yang Dikonsolidasi
6.346
  Ekuitas
29.243.731
    Modal Saham
10.374.775
    dana Setoran Modal
0,
    Tambahan Modal Disetor
127.593
    Selisih Kurs Karena Penjabaran Laporan Keuangan Dalam Mata Uang Asing
113.446
    Keuntungan/(kerugian) Bersih Yang Belum Direalisasi Atas Surat-surat Berharga dan Obligasi Pemerintah Yang Tersedia Untuk Dijual
-3.568
    Selisih Revaluasi Aktiva Tetap
3.046.936
    Selisih Transaksi Perubahan Ekuitas Anak Perusahaan
1.432
    Opsi Saham
107.319
    Saldo Laba
0,
    Agio (disagio)
6.570.958
    Pendapatan Komprehensif Lainnya
0,
    Laba Ditahan
8.904.836

Laba RugiTop of Form
Bottom of Form
Laporan tahun : 2007
Laporan status : audited
Nama
Jumlah Rp (juta)
  Pendapatan Operasional
23.928.549
    Pendapatan Bunga
23.928.549
      Pendapatan Bunga
23.232.749
        Kredit Yang Diberikan
11.528.465
        Obligasi Pemerintah
8.513.803
        Surat-surat Berharga
326.306
        Penempatan Pada Bank Indonesia dan Bank Lain
977.936
        Lainnya
1.886.237
      Provisi dan Komisi Atas Kredit Yang Diberikan
695.799
    Laba Selisih Kurs – Bersih
0,
    Imbalan
0,
    Keuntungan Dari Penjualan Efek-efek Pemerintah - Bersih
0,
    Keuntungan Dari Kenaikan Nilai Efek-efek Pemerintah - Bersih
0,
    Keuntungan Dari Penjualan Obligasi Rekapitalisasi Pemerintah - Bersih
0,
    Keuntungan Dari Kenaikan Nilai Obligasi Rekapitalisasi Pemerintah - Bersih
0,
    Pungutan Administrasi dan Denda Simpanan dan Kredit Yang Diberikan
0,
    Keuntungan Transaksi Mata Uang Asing
0,
    Keuntungan Pembelian Obligasi dan Perbendaharaan
0,
    Keuntungan Kenaikan Obligasi Yang Diperdagangkan
0,
    Lain-lain
0,
  Pembalikan Penyisihan Lainnya
374.424
    Beban Estimasi Kerugian Atas Komitmen dan Kontinjensi
61.409
    Pemulihan Penyisihan Lainnya
313.014
  Pendapatan Operasional Lainnya
3.374.643
    Provisi dan Komisi Lainnya
2.447.475
    Pendapatan Transaksi Valas - Net
311.461
    Lain-lain
401.268
    Pendapatan Kenaikan/penjualan Surat Berharga - Net
214.437
  Pendapatan Bukan Operasional - Bersih
120.466
    Pendapatan Sewa Gedung
84.073
    Laba Penjualan Aktiva Tetap
3.444
    Denda
-2.448
    Lain-lain
35.397
  Beban Operasional
11.142.628
    Beban Bunga
11.142.628
      Beban Bunga
11.000.194
        Deposito Berjangka
5.930.090
        Tabungan
2.428.798
        Giro
1.098.513
        Pinjaman Yang Diterima
290.412
        Surat Berharga Yang Diterbitkan
334.278
        Pinjaman Subordinasi
6.934
        Lain-lain
911.166
      Beban Pendanaan Lainnya
142.434
  Pembentukan Penyisihan Penghapusan Atas Aktiva Produktif
2.113.994
    Giro Pada Bank Lain
313.014
    Penempatan Pada Bank Indonesia dan Bank Lain
-35.490
    Surat-surat Berharga
-24.914
    Tagihan Lainnya
-5.526
    Surat Berharga Yang Dibeli Dgn Janji Dijual Kembali
25.000
    Tagihan Derivatif
-467
    Kredit Yang Diberikan
2.005.120
    Tagihan Akseptasi
-96.804
    Penyertaan Saham
318
    Lain-lain
-66.255
  Beban Operasional Lainnya
8.208.077
    Beban Umum dan Administrasi
3.409.260
      Penyusutan dan Amortisasi
583.877
      Sewa
466.808
      Promosi
419.835
      Komunikasi
364.257
      Perbaikan dan Pemeliharaan
297.788
      Beban Jasa Profesional
338.147
      Listrik, Air dan Gas
208.762
      Alat Tulis Kantor
179.641
      Transportasi
96.192
      Litbang
6.056
      Lainnya
447.897
    Beban Gaji dan Tunjangan
4.082.223
      Gaji dan Upah
2.155.020
      Tunjangan
378.625
      Penyisihan Cadangan Uang Penghargaan Pegawai dan Manfaat Bebas Tugas
300.177
      Kesejahteraan Pegawai
216.950
      Pendidikan dan Pelatihan
250.494
      Beban Kompensasi Atas Opsi Saham
87.034
      Penyisihan Cadangan Tantiem
50.000
      Bonus dan Lainnya
643.923
    Lain-lain
716.594
  (beban)/manfaat Pajak
1.985.892
    Tahun Berjalan
2.686.153
    Tangguhan
-700.261
  Hak Minoritas Atas Laba Bersih Anak Perusahaan Yg Dikonsolidasikan
1.267

 Currency Exposure

Laporan tahun : 2006
Laporan status : audited
Nama
Jumlah Rp (juta)
    Rupiah (rp)
0,
    Usd (usd)
15
    Yen (yen)
81
    Euro (eur)
4
    Yuan
0,
    Aud
0,3
    Chf
0,
    Gbp
0,
    Myr
0,
    Nzd
0,
    Sgd
1
    Rupiah (rp)
0,
    Usd (usd)
3.935
    Yen (yen)
3
    Euro (eur)
3
    Yuan
0,
    Gbp
1
    Hkd
141
    Sgd
2
      Rupiah (rp)
0,
      Usd (usd)
2.814
      Yen Jepang (yen)
5.171
      Aud
2
      Cad
3
      Chf
0,1
      Hkd
97
      Nzd
0,
      Sgd
30
      Usd (usd)
611
      Yen Jepang (yen)
0,
      Euro (eur)
2






Kantor Pusat

Alamat                        : Plaza Mandiri, Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38 Jakarta – 12190
Phone               : 62 21 526 5045, 526
Fax                   : 62 21 526 5008, 526
Email               : christiana.damanik@bankmandiri.co.id
Website           : www.bankmandiri.co.id

Kantor Cabang

Alamat            : Jakarta Plaza Mandiri Jl.Jend.Gatot Subroto Kav.36-38, Jakarta
Phone              : 62 21 524 5091-5
Fax                  : 62 21 526 3553
Email               : christiana.damanik@bankmandiri.co.id
Website           : www.bankmandiri.co.id

Alamat            :Kantor Wilayah I (Medan) Jl. T. Imam Bonjol No. 7, Medan
Phone              : 62 61 415 0600
Fax                  : 62 61 415 3273
Email               : Kanwil.I.Medan@bankmandiri.co.id
Website           :

Alamat            : Kantor Wilayah II (Palembang) Jl. Kapten A. Rivai No. 1008
Phone              : 62 711 3640 08-12
Fax                  : 62 711 3109 92
Email               : Kanwil.II.Palembang@bankmandiri.co.id
Website           :

Alamat            : Kantor Wilayah III (Jakarta – Kota) Jl. Lapangan Stasiun No. 2, Jakarta
Phone              : 62 21 2600 500
Fax                  : 62 21 6922 006
Email               :
Website           :
















No comments:

Post a Comment